Uncategorized

Ketrampilan Berwirausaha,”Muda Berdaya” Dari Shopee

Palembang,the8news.com – Setelah meluncurkan program pendidikan kewirausahaan bernama “Muda Berdaya” pada Hari Pendidikan Nasional tahun 2019, Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, bersama dengan Semua Murid Semua Guru (SMSG) sukses mendapatkan antusiasme dari ratusan peserta umur 15 sampai 18 tahun di Palembang dan sekitarnya. Program “Muda Berdaya” dirancang untuk membekali generasi muda SMA/SMK sederajat dengan kemampuan dasar untuk memulai perjalanan kewirausahaan yang mulai berjalan dari Tahun Ajaran 2019/2020.,yang dilaksanakan di BallRoom Hotel Alts Rajawali, Minggu (29/09)

 

Pelaksanaan program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas. Selain bisa menjadi pilihan kerja para generasi muda, kewirausahaan dinilai mampu menjawab tantangan zaman dan industri karena mengasah keberdayaan, kemandirian, dan juga kreativitas. Tantangan yang dihadapi oleh sumber daya manusia di Indonesia berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Diperlukan terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

 

Pada bulan Agustus 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2017 sebesar 5,50 persen, turun menjadi 5,34 persen pada Agustus 2018. TPT sendiri adalah indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat penawaran tenaga kerja yang tidak digunakan atau tidak terserap oleh pasar kerja. Dilihat dari tingkat pendidikan pada Agustus 2018, TPT untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih mendominasi di antara tingkat pendidikan lain, yaitu sebesar 11,24 persen. Yang menjadi perhatian adalah tingginya TPT merupakan lulusan SMK yang sejatinya dipersiapkan untuk langsung bekerja.

 

“Kami senang sekali melihat sambutan yang hangat dari para peserta Muda Berdaya, dan juga progres yang ditunjukkan dari masing-masing tim. Tentunya ini tidak luput dari dukungan mitra kolaborasi kami, yakni Semua Murid Semua Guru, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pendampingan yang diberikan Muda Berdaya ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang siap bersaing, khususnya agar dapat menciptakan wirausaha yang berkelanjutan,” kata Rezki Yanuar, Country Brand Manager, Shopee.

 

Drs. Widodo MPd. selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan mengatakan, “Muda Berdaya merupakan program yang sejalan dengan visi misi kami untuk meningkatkan kualitas anak didik kami, khususnya mereka yang masih duduk di bangku SMA/SMK sederajat. Saya juga telah melihat langsung karya dari tim yang terlibat, dan mendengarkan progres dari masing-masing tim. Kami berharap, ilmu yang telah didapatkan di program ini bisa membantu mereka untuk mengimplementasikan bisnis yang akan mereka kembangkan di masa mendatang,”

 

Adapun program pendidikan kewirausahaan hasil kolaborasi Shopee dan Semua Murid Semua Guru ini terdiri dari tiga tahap, yakni:

  1. Inspirasi

Rangkaian program Muda Berdaya dimulai dengan sesi Inspirasi yang dilaksanakan pada bulan Agustus lalu. Sesi ini diadakan untuk menggugah minat kewirausahaan para peserta dengan menghadirkan talk show inspiratif bersama figur pengusaha muda, mulai dari Prilly Latuconsina sebagai Brand Ambassador Shopee sekaligus pengusaha muda sukses hingga Yukka Harlanda sebagai CEO Brodo. Acara ini juga dihadiri oleh ratusan murid SMA/SMK sederajat sekitaran Palembang.

 

  1. Inkubasi
    Dari ratusan peserta yang mendaftar, akhirnya terpilih 20 tim semifinalis yang akan mengikuti sesi Inkubasi. Selama Inkubasi, para semifinalis akan diberikan materi dan pelatihan intensif selama tiga hari mengenai struktur perusahaan, literasi digital, hingga business model canvas. Dalam sesi ini diharapkan para semifinalis dapat mematangkan ide bisnis yang sebelumnya mereka miliki.

 

  1. Apresiasi

Pada sesi terakhir dari program Muda Berdaya, 3 finalis terpilih dengan ide terbaik memaparkan ide bisnis mereka ke depan para juri. Ketiga tim terbaik akan mendapatkan modal usaha dan pendampingan dari Kampus Shopee.

 

Tiga pemenang Muda Berdaya dengan ide terbaik antara lain Tim DIMADA dengan ide usaha aksesoris dari sampah kertas majalah dari SMAN Sumatera Selatan (Ide Terbaik 3), Tim TEFA Rumah Impian dengan ide usaha jasa pembuatan desain rumah dari SMKN 2 Palembang (Ide Terbaik 2), dan Tim Caktadent dengan ide usaha pasta gigi dari limbah rajungan dari SMAN 6 Palembang (Ide Terbaik 1).(rill)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button