2019 Empat Lawang Target Nilai “BB”

20
Jakarta,the8news.com — Bertempat di Aula Serba Guna Kemenpan RB, Sabtu (02/11), Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad SSi SH MM MH mengikuti kegiatan  Coaching Clinic penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019.
Pada kegiatan tersebut Bupati menyebutkan, dilaksanakannya Coaching Clinic Penerapan Sistem Akuntabilitas Pemerintah Kabupaten Empat Lawang Tahun 2019 yaitu untuk pembekalan dan pembelajaran terkait penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan yang baik.
“Tujuan dilaksanakannya Coaching Clinic adalah agar Pemerintah Kabupaten Empat Lawang dalam rangka menghadapi Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Empat Lawang  lebih terarah, dengan target nilai Tahun 2019 lebih baik , kalau tidak berlebihan Insha Allah target tahun ini mendapatkan nilai “BB”,” kata Bupati.
Menurut Bupati, pendampingan penyusunan cascading Pemerintah Daerah, Bappeda dan Inspektorat Kabupaten Empat Lawang  oleh Tim Asistensi Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi Sumsel yang terdiri dari Biro Organisasi dan Bappeda Sumatera Selatan beberapa waktu lalu di Palembang.
 “Urutan seluruh proses bertujuan untuk menghadapi evaluasi oleh Menpan RB dokumen SAKIP tanggal 3 dan 4 September 2019 ini, yakni metode penyajian dan penyampaian materi teknis SAKIP dari Narasumber,” ucapnya.
Bupati mengatakan, saat ini laporan akuntabilitas sistem kinerja memang menjadi perhatian pemerintah khususnya Pemerintah Pusat. Karenanya koordinasi yang intensif harus terus dilakukan, sebab kekuatan birokrasi dan hasil dari birokrasi selalu menjadi tolak ukur pemerintah baik daerah maupun pusat,’ tambahnya.
Dijelaskannya juga, Coaching Clinic SAKIP sangat penting untuk direalisasikan karena visi misi kita sangat jelas yakni MADANI (makmur,aman,damai,agamis, nasionalis dan indah) sehingga harus dicapai semaksimal mungkin agar masyarakat merasakan apa yang akan kita laksanakan ke depan melalui program dan perencanaan yang baik bagi kemajuan Kabupaten Empat Lawang.
Di samping itu, akuntabilitas kinerja pemerintah tidak sebatas dalam hal penyerapan anggaran, tetapi sejauh mana anggaran yang diserap sesuai dengan apa sudah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Pemkab Empat Lawang.
“Saat ini, upaya terus dilakukan Pemkab Empat Lawang dalam meningkatkan sekaligus  mempertahankan hasil kinerja,” jelas Bupati.
Bupati mengingatkan, kita harus lebih serius agar bisa mendorong dan mendongkrak capaian  ke arah lebih baik, dan menaikkan nilainya ke A seperti keinginan kita sebagai penyelenggara pemerintah.
Terkait dengan evaluasi, harus tahu sistem dan bagaimana penggunaannya. “Sekarang seperti standar SAKIP kita juga harus mampu mengoptimalkan data. Kita ingin mulai sejak  sekarang bisa mengatur teknis dalam menyusun SAKIP yang sudah kita mulai,” imbaunya.
Untuk diketahui, tim Sakip terdiri dari Asisten Administrasi Umum, Bagian Organisasi, Bappeda dan Inspektorat dan 12 orang.
Hadir dalam acara tersebut, Bupati Empat Lawang H  Joncik Muhammad SSi SH MM MH, Wakil Bupati Empat Lawang Julius Maulana ST, Staf ahli dan Staf Khusus Pemerintahan beserta 12 OPD di lingkungnan Pemkab Empat Lawang diantaranya, Kadinkes Empat Lawang Sulni, Kadis Pertanian Ir Dadang Munandar, Kadis Pariwisata Mgs Nawawi,(fz)
Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY