Uncategorized

Tim Saber Pungli Fokus ke Pelayanan Publik

EMPAT LAWANG, the8news.com

Tim Saber Pungutan Liar (Pungli) Empat lawang yang terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Polres Empat lawang serta Kejaksaan Empat Lawang menggelar rapat koordinasi perencanaan kegiatan.

Dalam rapat tersebut Kapolres Empat Lawang AKBP Eko Yudi Karyanto meminta progres dan kesungguhan setiap OPD dalam melakukan upaya  pencegahan terhadap tindak Pungutan liar yang sangat merugikan.

“Saya minta progresnya kalau di Polres setiap hari setiap minggu dan setiap bulan itu ada laporannya jadi memang sudah di terapkan upaya pencegahan terjadinya Pungli, memang setiap stake holder harus saling bahu membahu, tidak bisa berjalan sendiri dan tidak hanya di atas meja namun lebih praktek ke lapangan yang saya mau,” kata Eko, Rabu (26/2)

Dikatakannya, rapat ini ialah upaya untuk melakukan pencegahan, memang kalau secara global terlihat signifikan menurun karena berkurangnya laporan masyarakat.

Tapi lanjut Eko, untuk yang sifatnya gabungan antara Polres Empat Lawang , Kejaksaan dan OPD dirinya belum ada fakta di lapangan yang membuktikan Pungli sudah tidak terjadi lagi.

Dirinya secara pribadi tidak menginginkan kejadian – kejadian penindakan atau penangkapan di lapangan yang banyak , karena menurutnya upaya pencegahan sejak dini ialah yang lebih penting.

“Saya tidak bangga kalau nanti banyak yang tertangkap tangan oleh tim Saber Pungli , namun saya akan lebih bangga kalau kenyataan di lapangan itu tidak ada lagi pungli karena melakukan pencegahan sejak dini agar tidak ada pungli itu lebih baik,”katanya

Masih dikatakan Eko, upaya – upaya tersebut tentu tidak akan terwujud kalau tidak ada peran serta semua anggota Saber pungli yang terlibat untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang bahaya Pungli dan bisa berdampak buruk terhadap kemajuan serta kesejahteraan masyarakat di Bumi Saling Keruani Sangi Kerwati.

“Dengan adanya pungli juga akan mempengaruhi roda ekonomi khusunya di Empat lawang ,jadi kita semua harus benar – benar komitmen jangan hanya di awal saja,” harapnya.

Sementara, Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli Empat Lawang Kompol Dwi Utomo mengatakan rapat tersebut akan di adakan rutin agar bisa menerima saran – saran mengenai peran penting Tim saber Pungli serta juga bisa menetapkan sasaran kerja dan merumuskannya

“Kita menargetkan akan fokus mengawasi tempat – tempat pelayanan Publik karena dinilai rawan akan terjadinya Pungli seperti Dinas Pendidikan dan Samsat,dan yang pertama ini ialah kita sadarkan dan tertib dulu timnya jangan sampai ingin menertibkan orang tapi kitanya sendiri tidak ada yang tertib,”kata Dwi.

Hadir pada rapat tersebut, pihak Kejaksaaan Kasi Pidum dan Kasi Intel, asisten 1 Pemkab Empat Lawang, Polpp, Kabag Umum, Diskominfo diwakilkan Kabid Humas Publikasi Rustam Efendi.(afz)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button