Uncategorized

Pelaksanaan Program SERASI di Desa Telang Sari Banyuasin Berjalan Sukses

Banyuasin, the8news.com

 

Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) merupakan Program Pemerintah di bawah naungan Kementrian Pertanian, di mana Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan merupakan adalah salah satu Kabupaten Penerima Program serasi di Indonesia. 

Dengan adanya Program Serasi dari Kementrian Pertanian (Kementan) tersebut, saat ini kondisi persawahan di Kabupaten Banyuasin khususnya Desa Telang Sari kecamatan Tanjung Lago, berjalan dengan sangat baik, suflai air ke persawahan mengalir tanpa kendala sehingga diharapkan dapat memacu produktivitas pertanaman padi dilahan rawa berjalan sukses .

Dengan Program serasi juga, masyarakat Desa Telang Sari yang ditemui Tim the8news.com , Solihin (46) merasa sangat bersyukur karena kondisi area persawahan yang dulu suflai air ke sawah mereka, terkadang mengalami kendala akibat pendangkalan dibeberapa aliran Tersier, akibat banyaknya sampah serta rerumputan sehingga, terjadi pendangkalan  aliran tersier, bebernya, sabtu (11/04/2020).

” Kondisinya sekarang jauh lebih baik, kami sangat  berterima kasih dengan adanya program ini, khususnya di Wilayah Desa Telang sari kecamatan Tanjung lago kabupaten Banyuasin ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua UPKK Sutaji Saat di temui Menuturkan, Dana serasi diperuntukkan untuk masyarakat petani dalam peningkatan Indeks Pertanaman dan Produktivitas Pertanaman padi.

Dana tersebut diungkapkannya untuk pembelian dan pekerjaan penggalian berupa normalisasi saluran utama, optimalisasi saluran tersier, pembangunan pintu air dan gorong-gorong, juga saluran konektivitas untuk mengaliri sekitar 500 hektar sawah. .

Terlebih,  lanjutnya dengan moderenisasi pertanian seperti penggunaan pompa air bertenaga diesel Kobota RD 150 serta pompa air Niagara 6 inc beroda dua, ia berharap kegunaannya dapat menyentuh langsung ke petani dan ini telah terealisasi serta pelaksanaannya telah rampung maret lalu.

“Realisasi serta pelaksanaan kegiatan Serasi desa Telang Sari mulai dari pelaksanaan serta pelaporan telah selesai di kerjakan serta pekerjaan telah selesai sesuai dengan RAB serta juknis pengerjaan serasi 2019 yang berakhir pada 31 Maret 2020”, katanya. 

Di tambahkan pula olehnya bahwa pengadaan pompa juga telah sesuai dengan e katalog sehingga komponen pompa air Seluruhnya telah berstandar SNI.

Dirinya berharap petani dapat menjaga serta memelihara serta merawat apa yang telah di bangun,  baik sarana pintu air serta  saluran tersier apabila terjadi kerusakan di kemudian hari. 

“Sehingga dengan adanya program serasi ini petani dapat lebih sejahtera di tahun-tahun berikutnya”, tandasnya.(ern)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button