Tiga Setengah Juta Untuk Satu Kartu Pra Kerja,Silahkan Daftar..

76

Palembang,The8News.com

Apa itu Kartu Pra Kerja ?

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Bidang Latihan dan Produktivitas Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Sumsel, Bapak Mansyur Husin,  bahwa Sejarah Kartu pra kerja ini Program Pemerintah yang awal nya hanya untuk offline.

Syaratnya adalah tamat sma atau smk terus dites dan diverifikasi lulus masuk ke pelatihan di BLK dan LPK swasta yang terakreditasi ,mereka belajar selama program kartu pra kerja dan diuji kompetensi.semua ini ada prakteknya.

Setelah adanya wabah virus korona covid-19 ini maka diubah kartu pra kerja ini untuk masyarakat sebagai jaringan pengaman sosial dan mendapat dana sebesar Rp3.550.000 untuk per kartu pra kerja

Pendaftaran kartu pra kerja dibuka secara online lewat website resmi www.prakerja.go.id dan akan ditutup pada tanggal 16/04/2020 untuk gelombang I.

Kartu pra kerja sendiri merupakan Kartu program pemerintah dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi kerja bagi pekerja yang kena PHK, para pencari kerja, buruh hingga para pelaku usaha mikro yang kena imbas corona.

Sasaran program Kartu Prakerja yakni untuk Pekerja formal ataupun informal yang kena dampak virus corona atau Covid-19.

Sebanyak 84007 pendaftar yang berasal dari sumatera selatan sudah diserahkan ke Menteri tenaga kerja RI,ujar Pak mansyur menambahkan.

Adapun menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja kota palembang, Drs.H.M Yanurpan Yani.MM mengatakan, sebanyak 25554 pendaftar yang berasal dari masyarakat kota palembang. ini pun masih harus diverifikasi dan belum tentu lulus mendapatkan kartu pra kerja tersebut.Untuk pendaftaran di kota palembang sendiri sudah tutup per tanggal 8/04/2020 sampai dengan jam 24.00 WIB

Siapa Penerima Manfaat Kartu Pra Kerja?

Hal lain tentang kartu pra kerja ini adalah siapa saja penerima manfaatnya? Kartu pra kerja sebenarnya bukan hanya untuk pengangguran saja, namun kartu pra kerja juga bisa diikuti bagi mereka yang sudah bekerja, karyawan korban PHK juga bisa ikut daftar. Termasuk bagi pekerja swasta yang butuh peningkatan kompetensi keahlian dan kerja.

Namun saat ini, prioritas program Kartu Pra Kerja diberikan kepada pengangguran usia muda dan pekerja atau pelaku usaha mikro dan kecil dan terimbas dampak buruk corona. Namun, siapa saja saat ini bisa ikut mendaftarkan diri. Asalkan warga negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun saat mendaftar dan tidak sedang mengikuti pendidikan atau pelatihan formal.

Total Bantuan Kartu Pra Kerja Selama Pandemi Corona Rp 3,5 Juta

Selama darurat pandemi corona belum berakhir, setiap penerima Kartu Pra kerja akan mendapatkan bantuan paket pelatihan sebanyak Rp 3.550.000. Dana tersebut rinciannya sebagai berikut:

1. Rp 1 juta untuk bantuan biaya pelatihan peserta.

2. Insentif sebesar Rp 600.0000 perbulan selama 4 bulan dengan total yang akan diterima Rp 2,4 juta

3. Peserta juga akan mendapat insentif survei sebanyak Rp 150.000 untuk tiga kali survei.

Informasi lain tentang kartu pra kerja yakni uang insentif akan ditransfer melalui e-wallet/E-Money seperti OVO, GoPay dan LinkAja, ataupun lewat rekening bank milik peserta.

Nah bagi masyarakat yang belum mendaftar silakan persiapkan diri anda ya..

(afn)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY