Wawako Kunjungi UMKM Karang Anyar

18

Palembang, the8news.com

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda bersilaturahmi dengan masyarakat Kel Karang Anyar, Kec Gandus di rumah kediaman Abu Hasan, Selasa (23/6/2020).

Tujuannya untuk memotivasi dan membangkitkan dalam pengembangan industri usaha kecil menengah di kota Palembang. Selain itu melakukan dialog keluhan perwakilan warga secara langsung

Terkait musibah kebakaran tahun 2019 kemarin, pelaksanakan akan dibangun tahun 2020, namun dimasa Pandemi Covid-19 semua anggaran diarahkan dalam penanganan pandemi.

“Sesuai instruksi dari kementerian memang tahun 2020 akan dibangun, karena situasi pandemi maka untuk sementara fokus dulu dalam penanganan,” kata Wawako jawab saat berdialog dengan warga.

Kemudian, mengenai Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang berhak penerima itu khusus kategori tidak mampu. Sedangkan, wacana soal naik turun iuran BPJS kesehatan secara mandiri untuk perbulan, ucap Wawako nantinya akan dipertanyakan dan memastikan rincian yang harus dibayar warga.

“Nanti akan kita sampaikan kepada pihak BPJS kesehatan, berapa sebenarnya biaya iuran perbulan yang harus dikeluarkan warga untuk secara mandiri, bahkan rincian nya. Saya berharap proaktif RT/RW untuk mengurus KIS bagi warga yang tidak mampu,” ucap Wawako.

Mengenai pinjaman modal UMKM, lanjut Wawako syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah kota, yakni usahanya bukan baru mulai tapi sudah berjalan, usia pengajuan dibawah 60 tahun, tidak mempunyai pinjaman atau kredit macet.

“Kami sedang mengkaji, harapan kami supaya bisa memberikan pinjaman cukup besar bukan hanya tiga juta rupiah, tapi bisa lebih namun harus disesuaikan dengan bunga kurs,” tandasnya.

Sementara Direktur Bank Palembang, Syafril memaparkan, hadirnya Bank Palembang khusus program kredit UMKM dan fokus soal pembiayaan UMKM.

” Kredit UMKM sudah dijalani selama tiga tahun, berdasarkan pengamatan dan catatan bahwa Kecamatan Gandus merupakan penyebaran terbesar UMKM dari kecamatan lainnya dan juga memiliki kualitas pengembalian cukup baik,” kata Syafril

“Kedepan, Kecamatan Gandus akan menjadi perhatian dan proritas lebih dalam pengembangan sektor pinjaman tanpa bunga dan agunan dari Bank Palembang program pemerintah kota Palembang,” tandasnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY