Antisipasi Longsor, PTBA Bangun Bronjong

44

Muara Enim , The8news.com

Sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar perusahaan, PTBA melalui program _Corporate Social Responsibility_ (CSR) memberikan bantuan pembangunan bronjong pinggir jalan lingkar aliran sungai Enim Muara Emil – Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim.

Total bantuan sebesar Rp386.590.000,- ini diberikan secara bertahap, mulai dari tahap 1 sampai dengan tahap 3. Tahap pertama telah diserahkan langsung oleh Senior Manager CSR PTBA, Zulfikar Azhar kepada Ketua Panitia Pembangunan Bronjong, Alkomar sebesar 40 % atau senilai Rp154.639.000 di kantor CSR PTBA.

Saat berita ini diturunkan, tahap pertama proyek ini telah selesai dilaksanakan dengan swadaya dan padat karya. Sedikitnya 35 warga sekitar terlibat langsung dalam pembangunan bronjong aliran sungai Enim ini.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu (09/09/2020) Kepala Desa Tanjung Agung, Ude Indayadi, SH menjelaskan, sebelum adanya bantuan bronjong ini, warga sangat cemas dengan kondisi jalan lingkar penghubung 5 desa Tanjung Agung yang sudah terkikis air dan longsor. Akses jalan penghubung ini sangatlah penting untuk menunjang kegiatan dan aktivitas warga sekitar.

“Jalan lingkar ini dulunya longsor. Terlebih jika curah hujan tinggi. Kami sangat mengkhawatirkan bahaya yang setiap saat dapat mengancam jiwa warga sekitar. Selain itu, terputusnya akses jalan penghubung 5 desa yang berada di seberang sungai menjadi masalah besar bagi perekonomian dan hajat hidup masyarakat,” kata Indayadi.

“Alhamdulillah berkat bantuan PTBA, kekhawatiran warga Tanjung Agung ini menjadi hilang,” katanya lagi.

Dikatakannya pula bahwa fungsi pembangunan bronjong ini selain menahan abrasi, tempat ini juga dijadikan warga setempat sebagai tempat pemandian umum dan tempat bersantai dengan pemandangan tepian sungai yang indah. Pihaknya berharap semoga bantuan ini bisa berkelanjutan sampai tahap akhir.

Alkomar, selaku ketua panitia pelaksanaan pembangunan menjelaskan saat ini pembangunan Bronjong tahap 1 telah rampung. Panjang konstruksi 70 meter, sedangkan tingginya mencapai 3 meter dengan volume Bronjong sebesar 140 meter kubik.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur pembangunan tahap 1 sudah telah selesai. Saat ini kami masih menunggu bantuan tahap 2 yang rencananya akan diberikan oleh CSR PTBA sebesar 50 %. Terakhir tahap 3 sebesar 10 % lagi. Kami sangat bersyukur adanya bantuan ini terutama warga yang berada disekitar aliran sungai ini, selain mereka dilibatkan dalam pekerjaan mereka juga tidak khawatir lagi adanya bahaya longsor dan terputusnya jalan penghubung antar desa,” kata Alkomar.

“Rencananya nanti tempat ini akan dijadikan plaza mini sebagai tempat bersantai, taman dan kuliner. Semoga PTBA kedepan tetap eksis dan memberikan kontribusi dan terus berbuat untuk masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,”ujarnya lagi.

Ditanya bagaimana dengan pengawasan penggunaan anggaran, Alkomar menjelaskan bahwa penggunaan anggaran bantuan ini dilakukan secara transparan, diawasi langsung oleh Camat dan Kepala Desa Tanjung Agung.

Terpisah Camat Tanjung yang diwakili oleh Saifudin sekaligus sebagai BPD Desa Tanjung Agung menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PTBA atas bantuan yang telah diberikan. Menurutnya bantuan ini sudah sejak lama ditunggu oleh warga. Saifudin juga mengatakan tanpa bantuan PTBA pembangunan bronjong ini belum akan berjalan sesuai harapan. “Semoga bantuan ini memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat Tanjung Agung dan kami juga berharap tentunya bantuan PTBA ini dapat berkelanjutan hingga proyek ini rampung dan dapat difungsikan serta dinikmati oleh warga,” harapnya.

PT Bukit Asam Tbk melalui Manajer Humas, Komunikasi dan Administrasi Korporat, Iko Gusman mengatakan bahwa bantuan ini merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan akan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar melalui program CSR Bidang Infrastruktur yang bagi warga adalah fasilitas yang sangat vital guna menunjang perekonomian masyarakat.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, aktivitas warga disekitar Tanjung Agung dapat berjalan dengan baik dan bronjongnya dapat dijaga sehingga masyarakat merasakan dampak positifnya,”kata Iko.(Yki Release)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY