Lomba Orasi Mahasiswa dan FGD Sumatera Selatan

28

Palembang,The8news.com

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel diwakili Asisten III bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah (Setda) Sumsel Prof Dr HM Edwar Juliartha membuka secara resmi lomba orasi mahasiswa dan Forum Discussion Group (FGD), di Ballroom Swarna Dwipa Hotel Palembang, Rabu (28/10/2020).

FGD ini mengambil tema “payo kito jago kota kito” dengan menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Asisten III Setda Sumsel Prof Dr HM Edwar Juliartha, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Pembela Kesatuan Tanah Air-Indonesia Bersatu (Pekat IB) Sumsel Ir Suparman Romans.

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sumsel Prof. Dr. HM Edwar Juliartha mengatakan, Atas nama Pemprov Sumsel, kami menyambut dan mengapresiasi baik kegiatan ini. Berbicara pemuda, tentu banyak literatur yang bisa kita sampaikan. Ketika kita bicara mengenai Sumpah Pemuda, tentu momentum ini sangat strategis,” ujarnya

Menurutnya, saat ini banyak pergeseran dinamika para pemuda yang benar-benar peduli dengan Kota Palembang.

Sementara itu, Ketua DPW Pekat IB Sumsel Ir Suparman Romans menambahkan kegiatan ini merupakan kerjasama antara generasi muda Pekat IB Sumsel dengan Sekawan Milenial Sumsel.

Dia juga menambahkan latar belakang kegiatan ini adalah munculnya pemikiran, gagasan dari para pemuda yang melihat fenomena saat ini, dimana berbagai peristiwa demonstrasi, unjuk rasa menyampaikan aspirasi masyarakat diwakilkan oleh para mahasiswa.

“Tentu suara-suara mereka betul-betul menyuarakan kepentingan masyarakat. Tapi sayang, misi mulia mahasiswa ini ditunggangi pihak-pihak tertentu sehingga aksi unjuk rasa berujung ke anarkistis,” terangnya.

Dia menambahkan pihaknya melihat bahwa secara semangat massa aksi benar-benar sebagai orang-orang yang memiliki intelektual tinggi,m. Namun tak jarang, dalam teknik berorasi mereka identik ngotot, suara keras, protes.

“Seharusnya narasi-narasi dalam orasi bisa mempengaruhi masyarakat pendengar, atau audien yang menjadi sasaran orasi mereka. Ya, makanya kita mengadakan kegiatan ini,” tandasnya.

Yan Hariranto selaku juri lomba Orasi FAD juga menambahkan, dia sangat bangga dan sangat senang sekali terutama pemuda saat ini khusus nya Sumatera Selatan khususnya mahasiswa mereka rata rata tahu apa arti sumpah pemuda apalagi demgan di gelarnya lomba orasi ini,

” Dengan momen yang ada acara ini terus terang saya sangat bangga dan luar biasa adik adik mahasiswa yang saya kira awalnya tidak tahu apa itu NKRI apa itu PANCASILA tentang SUMPAH PEMUDA ternyata mereka sangat paham dan sangat mengerti bahkan isi poin point Sumpah Pemuda,” bebernya

Harapannya mudah mudahan kedepan kegiatan ini akan di laksanakan terus menerus sehingga generasi generasi millenial yang di bawahnya nanti bisa mencontoh seniornya apalagi sekarang negara kita globalisasi perdagangan pasar bebas.

” Mau tidak mau yang namanya cinta tanah air itu harus selalu kita dengungkan untuk generasi terus menerus
Thema hariini ya peran pemuda dalam pembangunan terutama negara indonesia dan peran pemuda untuk kemajuan kota palembang,” pungkasnya (Niken).

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY