Uncategorized

Hasil Survei FISIP UIN Raden Fatah : Riza Pahlevi Peringkat Kelima Popularitas dan Keempat Kesukaan Sebagai Walikota Palembang

Palembang,The8news.com | Menyongsong Pilkada tahun 2024 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melakukan survei opini publik di kota palembang, tujuan survei untuk melihat opini publik terkait isu politik dan pemerintahan di Kota Palembang diantaranya kepuasan publik terhadap pemerintahan, pelayanan publik, isu banjir dan persaingan tokoh di pilkada 2024. Survei dilaksanakan pada periode 27-30 November 2022, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin praktikum survei yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi.

Salah satu hasil survei yang menarik adalah munculnya nama Ketua Umum MUI Kota Palembang sebagai nama baru di tengah persaingan antara Sekretaris Daerah dan Wakil Walikota Palembang menuju kursi Palembang Satu.

Tingkat popularitas Riza mencapai 8,5 % peringkat kelima setelah Fitrianti Agustinda 76,82%, Ratu Dewa 70,91%, Nasrun Umar (HNU) 26,36 %, Zainal Abidin (Ketua DPRD Kota Palembang) 22, 73 % dan Riza Pahlevi (Ketua Umum MUI) 22,73%> Kelima tokoh ini termasuk dalam kategori berpeluang dalam persaingan Palembang Satu.

Selain itu, tingkat kesukaan Riza Pahlevi berdasarkan hasil survei diraih oleh Ratu Dewa sebesar 40 %, Fitrianti Agustinda 35, 91 %, Nasrun Umar 22,73 %, Riza Pahlevi 21, 82 %, dan Zainal Abidin 22, 64 %. Hasil ini menunjukkan peluang Riza terbuka dalam merebut hati masyarakat kota Palembang.

Selanjutnya, apabila pilkada diikuti oleh 5 calon maka Ratu Dewa lebih unggul dengan 36, 09 %, disusul Fitrianti Agustinda 26,82%, Nasrun Umar 7,27%, Ahmad Zulinto 6,82 dan posisi kelima Riza Pahlevi 6,36 % tentu angka ini menyisakan swing votter sebanyak 13,64%.

Data ini menunjukkan bahwa potensi pertarungan antar semua calon masih terbuka lebar, hal ini tentu saja akan menjadikan sengitnya persaingan sebelas tokoh ini dalam merebut hati pemilih masyarakat Kota Palembang.

Pengamat Komunikasi politik yang juga merupakan Dosen Program Studi Ilmu Komuniksi FISIP UIN Raden Fatah Palembang Ahmad Muhaimin menganggap wajar apabila tingkat popularitas Riza Pahlevi menanjak karena posisi sebagai Ketua Umum MUI Kota Palembang sebagai pejabat publik yang terus menerus disorot oleh publik jadi wajar peningkatan ini sehingga populer, akan tetapi popularitas bukan menjadi tolak ukur keterpilihan”, ujarnya.

Koordinator survei Andri Pramana menyatakan perkembangan politik sangat dinamis, untuk itu realitas juga akan sangat cepat berubah, semoga hasil survei ini bermanfaat bagi semua pihak. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button