Uncategorized

Lelang Lebak Lebong di Empat Desa Tanjung Agung Bersaing Ketat

MUBA, The8news.com |  Setelah beberapa desa lainya, kali ini giliran pemerintah Desa Tanjung Agung Timur, Desa Tanjung Agung Barat, Desa Tanjung Agung Utara dan Desa Tanjung Agung Selatan dalam Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin menggelar lelang lebak lebong dan sungai, Jumat (9/12/2022).

Pelaksanaan lelang empat desa yang dipusatkan di halaman kantor Desa Tanjung Agung Timur dan Desa Tanjung Agung Barat tersebut, turut dihadiri Kepala Dinas PMD diwakili Ridwan SE MSi selaku penggerak swadaya masyarakat Ahli Madya Dinas PMD Muba, Kepala Dinas Pertanian Muba diwakili Pengawas Perikanan Dinas Perikanan Muba Yan Bastian SIP, Camat Lais Deemoon Hardian Eka Suza SSTP MSi diwakili Sekcam Lais Marsofi SKM MM, Kapolsek Lais Iptu Hendra Sutisna diwakili Kanit Res Polsek Lais Ipda Mugiono SH , Kanit Binmas Aipda Pajri SH, Kanit Intel Polsek Lais Aipda Suhari SH, Kepala Desa Tanjung Agung Timur Hermanto Dani, Kepala Desa Tanjung Agung Barat Alfian, Kepala Desa Tanjung Agung Utara Manap, Kepala Desa Tanjung Agung Selatan Indera Kasuma SE , Plt Kasi PPDK Kecamatan Lais Luspitasari SE MM, Plt Kasi Pemerintahan Kecamatan Lais Adi Kurniawan S-Sos, BPD, LPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa dan Para Pengemin.

Terpantau, meski para pengemin saling bersahutan dan bersaing harga untuk mendapatkan sungai lelang yang mereka harapkan. Namun demikian, mereka tetap sportif dan tidak menimbulkan kegaduhan sehingga kegiatan berlangsung dengan aman dan damai.

Kepala Desa Hermanto Dani dalam kesempatan itu menjelaskan, lebak lebung dan sungai yang dilelang untuk tahun 2023 sebanyak 17 objek lelang namun yang terjual sebanyak 14 objek.

Dirinya juga berharap sekaligus mengingatkan kepada pemenang lelang, untuk tetap menjaga ekosistem yang ada di objek lelang masing – masing, sehingga kedepan masih menjadi mata pencarian warga Desa .

“Kita ingatkan agar pengemin mematuhi aturan yang telah di tetapkan,dan tidak menggunakan putas atau racun dan memetik dalam menangkap ikan,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Desa Tanjung Agung Barat Alfian, bersama Kepala Desa Tanjung Agung Utara Manap, Kepala Desa Tanjung Agung Selatan Indera Kasuma SE mengatakan, untuk lebak Lebung dan sungai yang dilelang di Desa Tanjung Agung Barat sebanyak​ 8 objek.

Sedangkan untuk objek di Desa Tanjung Agung Utara dan Tanjung Agung Selatan sebanyak 7 objek lelang. yakni Sungai Campang Tiga, Sungai Lebung Gatal, Sungai Pelepah Jelujur, (Sungai Bentaus Ilir, Sungai Menggeris, Sungai Seluang), (Sungai Balam Rompok, Sungai Suban, Sungai Tabanan Ngalih), (Sungai Bentaus Ulu, Balam Daim, Balam Cikyang), dan Sungai Batang Hari Tebenan.

“Alhamdulillah hasil lelang tahun ini meningkat, Kita juga berharap para pengemin sungai mendapatkan tangkapan ikan yang berlimpah, sehingga ekonomi masyarakat meningkat”, harapnya.

Sementara, Camat Lais yang diwakili Sekcam Lais Marsofi SKM MM mengatakan, pelaksanaan lelang lebak lebung berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 72 Tahun 2022 tentang tata cara pelaksanaan lelang lebak lebung di desa atau kelurahan dalam kabupaten Musi Banyuasin, diantaranya menyebutkan bahwa hasil lelang 100% di stor ke kas desa atau kelurahan masing-masing.

Marsofi menjelaskan, Untuk harga lelang pada tahun ini dimulai 75% dari nilai lelang tahun sebelumnya. Katanya (wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button