Uncategorized

Pj Bupati Muara Enim Targetkan Idul Fitri 2023 Pembangunan Jalan Tol Selesai

Muara Enim,The8news.com | Pembangunan jalan tol Indralaya- Prabumulih (Sesi 1) sepanjang 65 KM pembangunannya saat ini sudah mencapai 80 Persen ditargetkan selesai bulan Maret 2023.

Berdasarkan informasi proyek pembangunan jalan tol Indralaya -Prabumulih sepanjang 65 km (sesi 1) melintasi dua wilayah Kecamatan Muara Enim yakni Kecamatan Kelekar sepanjang 4,7 Km melintasi Desa Suban dan Kecamatan Belide Darat sepanjang 4,6 Km melintasi Desa Tanjung Tiga, Desa Ibul dan Desa Gaung Asam.

Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan AP Msi saat melakukan pengecekan pembangunan jalan tol di wilayah Kecamatan Kelekar hingga keluar tol Indralaya, Ogan Ilir bersama Kapolres AKBP Andi Supriadi Sik Msi, Dandim 0404 Letkol Arh Rimba Anwar SIP MIP, Kadin Perkim Ir Ahmad Yani Herianto MM, Kadishub Junaidi, Kasat Pol PP AM Musaseq, Camat Belide Darat Zulkhaidir Siddik SSTP Msi dan sejumlah pejabat.Kamis (29/12/2022), siang pukul 13.00 Wib

Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP Msi dan para pejabat sempat berdialog dan mendapat penjelasan terkait progres pembangunan jalan tol dari Arlubis Ariansyah Koordinator K3 PT Hutama Karya selaku kontraktor pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih.

Site Operation Manager STA 37 PT Hutama Karya selaku kontraktor jalan tol Indralaya-Prabumulih, Ismail menerangkan bahwa ia selaku penanggungjawab untuk pembanguman ruas tol STA 37 di wilayah rest area Km 55. Dimana untuk rest area akan ada masjid, tempat penjualan makanan, pujasera dan fasilitas lain seperti SPBU.

“Untuk SPBU mungkin bertahap, kita menyediakan tempat untuk pembangunan SPBU tergantung pihak ketiga nantinya,” jelas Ismail.

Kapan jalan tol Indralaya – Prabumulih beroperasi atau bisa dilintasi kendaraan? Ismail menjelaskan secara keseluruhan pengerjaan jalan tol Indralaya-Prabumulih sudah mencapai 80 persen lebih. Saat ini masih proses pengerjaan fisik, pengerasan dan pengaspalan jalan.

“Sesuai kontrak dan target pembangunan jalan tol Indralaya-Prabumulih selesai pada Maret 2023 dan Lebaran Idul Fitri sudah bisa dilintasi kendaraan. Mudah-mudahan bisa tepat waktu,” terang Ismail.

Koordinator K3 lapangan PT Hutama Karya , Arlubis Ariansyah menambahkan pihaknya masih mengkebut penyelesaian ruas jalan tol Indralaya -Prabumulih. Untuk kendala secara umum tidak ada, hanya saja kalau hujan deras cukup menghambat proses konstruksi dan pembangunan jalan. Saat ini selain pengaspalan jalan, saat ini juga dilakukan konstruksi rest area di KM 56. ” Untuk rest area di ruas tol Indralaya-Prabumulih atau sebaliknya hanya satu rest area di KM 56 ini,” jelas Arlubis.

Secara umum pembangunan jalan tol ini ditarget selesai Maret 2023.”Semoga pembangunan jalan tol ini selesai sesuai target. Sehingga bisa dilalui kendaraan untuk melintas,” ucap Arlubis.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan AP Msi menerangkan pengecekan ruas tol Prabumulih-Indralaya ini untuk pemetaan arus lalu lintas libur tahun baru.

Selain itu mengecek ruas tol diarea Kecamatan Belide dan Kecamatan Kelekar yang masuk wilayah Muara Enim. Sebab informasinya awal 2023 ruas tol Prabumulih- Indralaya sudah bisa dilalui.

Namun, mendengar penjelasan dari pihak PT Hutama Karya bahwa proses pengerjaan masih ada kendala seperti pengaruh hujan dan lainnya.

“Target mereka jalan tol Indralaya-Prabumulih sudah selesai Maret 2023 dibuka untuk masyarakat dan kendaraan sudah bisa melintas,” ucapnya.

Berkaitan dengan hal ini Kurniawan menghimbau agar masyarakat mendukung pembangunan jalan tol ini bisa selesai tepat waktu. Dimana jalan tol ini merupakan program strategis nasional dari pemerintah pusat.

Jika jalan tol Indralaya – Prabumulih sudah selesai setidaknya bisa memperlancar arus lalu lintas dari Muara Enim menuju Palembang.

“Yang pasti jarak tempuh ke Palembang atau sebaliknya bisa lebih cepat dari sekarang ini,” urai Bupati.(Awang)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button