Musi Banyuasin

DPRD Muba Sahkan Rencana Kerja Tahun 2023

MUBA, The8news.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) resmi mengesahkan Rencana Kerja Tahun 2023 dalam rapat paripurna Senin (6/2/2023) , di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muba,

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Muba Sugondo SH, turut hadir Pj Bupati Muba H Apriyadi diwakili Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Muba H Musni Wijaya SSos MSi, Wakil Ketua DPRD Muba Jhon Kenedi dan Endi Susanto. Pengesahan tersebut dilakukan setelah Ketua DPRD Muba meminta persetujuan seluruh pimpinan dan anggota dalam forum paripurna.

Ketua DPRD Muba menjelaskan, Rencana Kerja tahun 2023 yang berupa program dan daftar kegiatan ini telah dirancang sesuai aturan. Kemudian akan dilanjutkan dengan proses penetapan menjadi Keputusan DPRD sebagai landasan pelaksanaan kerja tahun depan.

“Rencana Kerja Tahunan merupakan pedoman bagi DPRD dalam melaksanakan kegiatan dan aktifitasnya untuk tahun 2023,” ujarnya.

Penyusunan Rencana Kerja DPRD Kabupaten tahun 2023 didasari sejumlah ketentuan, seperti Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, serta Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, serta peraturan perundangan-undangan terkait lainnya.

Dengan landasan itu, DPRD menghasilkan sejumlah poin utama yang terbagi dalam tiga masa sidang untuk seluruh kegiatan pimpinan dewan, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan Panitia Khusus (Pansus) yang akan terintegrasi dengan sejumlah kegiatan strategis.

Sugondo juga menyampaikan tujuan penyusunan Renja DPRD Kabupaten Muba tahun 2023 yakni, sebagai upaya DPRD untuk mendukung mewujudkan visi dan misi Kabupaten Muba, Memberikan gambaran yang komprehensif, terarah dan sistematis tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan DPRD Muba di tahun 2023 dan sebagai pedoman pelaksanaan program dan kegiatan DPRD Muba tahun 2023.

Sementara itu, Pj Sekda Muba H Musni Wijaya SSos MSi menyampaikan bahwa dengan telah disahkannya Rencana Kerja DPRD Muba Tahun 2023, diharapkan para anggota DPRD Muba dapat menidaklanjuti sesuai dengan peraturan yang telah disahkan. Selain itu, Pemkab Muba juga mengapresiasi Kerjasama dan sinergitas DPRD yang selama ini terjalin dengan baik.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada ketua, wakil ketua dan seluruh anggota dewan atas komitmen dan kerja sama dalam membahas Rencana Kerja DPRD Muba Tahun 2023, mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan dicatat sebagai amal ibadah dan mendapatkan ridho dari Allah SWT” ungkapnya.

“Saya berharap Rencana Kerja DPRD Muba Tahun 2023 ini menjadi dasar untuk melanjutkan pembangunan sekaligus Percepatan visi dan misi Kabupaten Muba,” harapnya

Dalam penyampaianya, Plt Sekretaris DPRD Muba Muhammad Hatta SE MM merinci sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di sepanjang tahun 2023, seperti pembahasan Peraturan Daerah (Perda), pembahasan dan kegiatan rapat alat kelengkapan dewan (AKD), pembentukan panitia khusus (Pansus) untuk melaksanakan fungsi dan tugas yang tidak bisa ditangani satu AKD, penerimaan audiensi dan delegasi masyarakat, dan rapat dengar pendapat umum (RDPU).

Selanjutnya penyebarluasan Perda, kunjungan kerja AKD dalam negeri, kunjungan kerja AKD luar negeri, coffe morning bersama eksekutif dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), penyerapan aspirasi masyarakat (Reses), konsultasi lembaga dan instansi terkait, penerimaan kunjungan daerah DPRD lain, kegiatan ADPSI, dan rapat lainnya.

“Rencana kerja tahun anggaran 2023 telah dilakukan penyesuaian dan penyelarasan sesuai program kerja dan kegiatan DPRD,” tandasnya.

Laporan C Irawan

Related Articles

123 Comments

  1. Ping-balik: slot judi online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button