Musi BanyuasinNews

HUT ke-164 Baden Powell, Wujudkan Bangsa yang Berkarakter dan Bermanfaat

Muba, The8news.com – Hari Baden Powell ke -164 yang bertepatan pada tanggal 22 Februari 2021 Segenap Gerakan Pramuka Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melaksanakan upacara peringatan Hari Baden Powell ke -164 selaku pendiri Gerakan Kepanduan Dunia Baden Powell . Kegiatan dipusatkan di halaman Kantor Camat Lais kabupaten Musi Banyuasin, Senin (22/2).

Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya mengatakan, upacara peringatan Hari Baden Powell ke 164 pada tanggal 22 Februari 2021 atas dasar UU Negara Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor 07 tahun 2018 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, Program Kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin 2021 masa bakti 2017-2022.

Dikatakannya, Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 150 orang Dewan Kerja Ranting Musi Banyuasin, tamu dan undangan sebanyak 254 orang terdiri Dandim 0401Sekayu-03/Sekayu, Kapolres Muba, Danramil Sekayu, Kapolsek Lais, Kepala Dinas, wakil-wakil ketua andalan dan pelatih Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin, Kamabiran se-Musi Banyuasin, unsur kwaran se-Musi Banyuasin, Kwaran Lais.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Musi Banyuasin sekaligus pemimpin upacara, Drs H Apriyadi MSi, mengatakan bangga atas terlaksananya kegiatan kepramukaan guna memperingati hari Baden Powell ke-164 tingkat Kabupaten Musi Banyuasin dengan tema Mari Bersama Kita Wujudkan Bangsa yang Berkarakter dan Bermanfaat melalui Gerakan Pramuka.

“Kita ucapkan terima kasih dan bangga kepada pemimpin kita yang sudah memberikan support untuk kegiatan kepramukaan di Kabupaten Musi Banyuasin,” jelasnya.

Lebih lanjut Apriyadi mengatakan, dengan situasi dan kondisi bangsa yang sedang berlangsung selama 1 tahun terakhir ini, banyak sekali permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia, baik moral, etika, perilaku maupun permasalahan sosial termasuk bencana non alam maupun bencana alam.

“Oleh karena itu, momentum yang baik melalui peringatan Hari Baden Powell, saya mengajak kepada semua pihak terutama kakak-kakak yang tergabung dalam gerakan Pramuka kabupaten Musi Banyuasin, mari kita sama-sama melaksanakan kegiatan, kita tingkatkan disiplin, moral, etika, perbaiki mental, baik selaku pembina Pramuka maupun anak-anak generasi penerus yang akan meneruskan pembangunan mengisi kemerdekaan ini,” imbuhnya.

Meningkatnya teknologi informasi saat ini , menurut Apriyadi banyak memberikan pengaruh, baik positif maupun negatif bagi manusia. “Oleh karena itu, kewajiban kita untuk memberikan kisi-kisi di dalam memberikan pembelajaran peningkatan moral kepada anak-anak kita, bahwa bangsa Indonesia adalah orang-orang yang berasal dari Timur yang mempunyai etika dan sopan santun yang baik, mental dan moral yang mumpuni,” tegasnya.

Selain itu, Apriyadi mengatakan dimasa pandemi Covid-19 ini, dirinya juga menghimbau agar masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan.

“Mari kita sama-sama melakukan pola hidup bersih dan sehat sehingga dapat menjaga imunitas kita masing masing, sehingga kita dan keluarga terjaga dari Virus Covid-19,” pungkasnya.

Usai memimpin Upacara, Ketua Kwarcab Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi, penyerahan piagam penghargaan kepada kwartir cabang gerakan Pramuka Musi Banyuasin kwaran Sungai Lilin, Kwaran Lawang Wetan dan Kwaran Sekayu, penyerahan bantuan bedah rumah tidak layak huni sebesar Rp. 30.700.000,- kepada salah satu warga Desa Purwosari, tambahan modal usaha untuk 75 orang pelaku UKM Kecamatan Lais masing-masing sebesar Rp. 1.300.000,- serta bantuan pembangunan 1 unit WC untuk MTs Tarbiah Islamiyah Epil Sebesar Rp. 5.000.000,-.

Terpisah, Kepala Sekolah MTs Tarbiyah Islamiyah Desa Epil mengucapkan terimakasih atas bantuan yang dikucurkan pemerintah kabupaten Musi Banyuasin kepada pihaknya.

“Alhamdulillah, usai upacara beberapa warga mendapatkan bantuan dari Pemkab Muba, diantaranya adalah MTs Tarbiyah Islamiyah Epil menerima bantuan berupa pembangunan 1 unit WC senilai 5juta,” Ujar Kepala Sekolah MTs Tarbiyah Islamiyah Epil, Eti Tamsiyati SAg. (wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button