Musi BanyuasinNews

Lelang Lebak Lebung di Desa Danau Cala Turun Draktis

MUBA, The8news.com – Sebanyak 31 objek lebak lebung yang berada di desa Danau Cala Kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dilakukan Lelang secara tebuka , dengan nilai jual objek lelang bervariasi.

Kepala Desa Danau Cala Yos Sudarso mengatakan, Allhamdulillah lelang yang dilakukan secara terbuka tersebut berjalan lancar.

โ€œDari objek lelang yang ada, terjual sebanyak 31 objek lelang,โ€ Jelas Yos saat dibincangi beberapa awak media Jumat (18/12).

Dikatakannya, bahwa Lelang Lebak Lebung tahun ini 2020 turun draktis, tahun lalu Lelang di desa Danau Cala mendapat Rp 224 Juta lebih . “Namun tahun ini lelang kita dapatnya Rp 126.300.000, artinya lelang hari ini turun secara siknipikan, kurang lebih 50%. Hal ini terjadi mungkin dampak perekonomian masyarakat dari salah satunya wabah Corona berdampak nasional. Hingga daya beli masyarakat menjadi turun,” katanya.

Dijelaskannya, tahun lalu objek Lelang sebanyak 35 ,namun hasil keputusan musdes ada 2 Sungai Lelangnya di luar yakni Sungai Tamele tahun ini lelangnye di Desa Bailangu, Dan Lebong Labi balik ke Air Itam Pali, (Lelangnya dirolling tahun ini di Bailangu dan di Air Itam, tahun depan lelangnya kembali ke Danau Cala).

“Dua Sungai ini Primadona nilai lelangnya tinggi-tinggi, terus ada juga dua Sungai dimatikan, yakni Lebung Sembilan dan Lebung Limpar. Jadi jumlah objek Lelang yang ada 31, itupun ada yang tidak terjual. Semoga wabah virus Covid 19 yang melanda Indonesia Cepat berlalu, dan Roda perekonomian masyrakat cepat bangkit kembali , hingga daya beli masyarakat meningkat,” harapnya.

Selain itu, mereka berpesan agar pengemin atau pemenang lelang harus turut aturan yang sudah ditetapkan, diantaranya tidak melakukan pengrusakan seperti melakukan penangkapan ikan dengan cara di putas atau di strum.

Sementara, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi mengatakan, lelang lebak lebung adalah kegiatan rutinitas setiap tahun bagi desa yang memiliki lebak lebung.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, lelang ini dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Bupati Musi Banyuasin Nomor 613/ KPTS-DPMD/2020 tanggal 2 Desember 2020 tentang Pengawasan dan Pelaksanaan Lelang Lebak Lebung dan Sungai Dalam Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2020.

Hasil lelang tersebut disetor ke kas Pemkab Muba dengan rincian pembagian dikembalikan ke desa/kelurahan sebesar 70% sedangkan 30% masuk ke kas pemerintah daerah yang merupakan sumbangan desa untuk pendapatan asli daerah.

Selain itu, dirinya mengharapkan agar pengemin juga dapat menjaga kebersihan perairan lebak lebung dan sungai serta menjamin kelancaran lalu lintas perairan atas sungai yang dilelang dan melaporkan hasil dan kegiatan dari pengolahan sungai secara berkala kepada dinas terkait. (Irw)

Related Articles

One Comment

  1. I haven’t checked in here for some time because I thought it was getting boring, but the last few posts are good quality so I guess I will add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button