Musi BanyuasinNews

Mobil Terbakar Saat Mengisi BBM  

Muba, the8news.com – Satu unit kendaraan roda empat merk Mitsubishi dengan nomor polisi BG 2993 MA terbakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 243.07.172, di​ jalan Lintas Betung – Sekayu, tepatnya didesa Teluk kijing III kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin, Selasa (9/2).

Peristiwa tersebut mengakibatkan , satu unit mobil terbakar, 3 orang yang berada di tempat kejadian ikut menjadi korban kebakaran, dan api juga menyambar bagian canopy SPBU.

Pantauan​ malam ini yang berhasil dihimpun, api membakar kendaraan yang saat itu sedang melakukan pengisian bahan bakar di SPBU 243.07.172 tersebut. 3 orang yang menjadi korban masing-masing 1 orang karyawan SPBU dan dua orang penumpang kendaraan. Usai insiden, SPBU tersebut kini ditutup sementara untuk proses penyelidikan pihak kepolisian.

Menurut keterangan salah satu karyawan SPBU yang berhasil dikonfirmasi mengatakan saat pengisian BBM sekira pukul 18.20 WIB, saat nozel dimasukkan ke tangki. Api tiba-tiba muncul dari dalam mobil, dalam waktu singkat api membesar melalap kendaraan.

Adapun korban dalam insiden tersebut, yakni Ifran Soni karyawan SPBU, warga komplek Talang Duku Desa Teluk Kijing 3 Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan 2 orang lainya masing – masing berinisial Al dan Ad​ warga Talang Jaya Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin mengalami luka bakar di sekujur tubuh dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Swasta di Palembang.

Kapolres Muba melalui Kapolsek Lais AKP Herman Junaidi SH saat dikomfirmasi membenarkan adamya kejadian tersebut.

“Untuk kronologis kejadian kita masih lakukan penyelidikan dan akan melakukan interograsi kepada karyawan yang berada di lokasi kejadian, sementara ini pihak kita masih melakukan pengamanan lokasi kejadian,” jelasnya.

Dikatakannya, kejadian bermula pada saat pengisian bahan bakar di sebuah mobil, tiba-tiba api keluar dari mobil dan langsung membesar.

“Korban ada 3 orang, masing-masing 1 orang pekerja SPBU dan 2 orang penumpang kendaraan,” imbuhnya.

Saat diminta keterangan terkait tangki kendaraan yang terbakar sudah dimodifikasi, dirinya mengatakan belum mengetahui secara pasti.

“Untuk sementara, baru dugaan. Dari luar mobil tidak ada perubahan, namun didalamnya seperti ada tambahan tangki,” katanya.

Sementara, Dandim 0401/Muba Letkol Arh Faris Kurniawan ST MT mengatakan, begitu mendapat informasi bahwa ada kejadian kebakaran di pompa bensin yang ada di Kecamatan Lais, dirinya langsung mendatangi TKP.

“Syukur Alhamdulillah, tadi sudah bisa diatasi oleh pihak SPBU sendiri, sekitar 20 menit api sudah bisa dipadamkan. Bahkan menurut laporan dari Pak Kapolsek maupun dari Babinsa kami bahwa begitu petugas kesini kebakaran sudah bisa diatasi sehingga petugas hanya melaksanakan pengamanan,” jelas Faris Kurniawan saat berada di lokasi kejadian.

Dijelaskannya, saat ini barang bukti berupa kendaraan yang terbakar sudah diamankan oleh pihak Polsek Lais, sementara pemilik kendaraan masih dalam tahap pengejaran.

“Masih dicari, tetapi identitasnya sudah dapat. Pihak manajemen SPBU sendiri besok rencananya masih akan menutup operasional, sambil menunggu tim teknis dari Pertamina untuk meyakinkan bahwa alat-alat yang sekarang ada di pom bensin ini dapat dipergunakan dan berfungsi secara baik,” imbuhnya.

Atas insiden tersebut, dirinya mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan tangki modifikasi dalam pengisian BBM dan pihak SPBU tidak diperbolehkan melayani kendaraan dengan tangki modifikasi.

“Kedepannya, masyarakat jangan menggunakan tangki modifikasi, dan dari pihak manajemen SPBU sendiri apabila sudah mengetahui bahwa itu kendaraan dengan tangki modifikasi agar memberikan himbauan dan tidak perlu dilayani, dan apabila mereka marah silahkan pihak SPBU melaporkan kepada kepolisian atau kepada kami, In Syaa Allah kami akan melakukan pendampingan dalam rangka penertiban,” jelas Letkol Arh Faris Kurniawan. (wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button