Musi BanyuasinNews

Richard Chahyadi : Gunakan Dana Desa Sesuai Peruntukan dan Aturan

Muba, The8news.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( DPMD ) Kabupaten Musi Banyuasin Richard Chahyadi AP. MSi kembali melakukan Kegiatan Sosialisasi pengelolaan Dana Desa APBN dan ADD/K Muba Tahun 2021, di aula kantor kecamatan Lais, Senin (8/2).

Kegiatan yang diikuti para Kepala Desa dan Siskeudes di dua kecamatan yakni Kecamatan Lais dan Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tersebut Dengan Tema Melalui Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 ”Kita Wujudkan Transparansi Akuntabel Dalam Melaksanakan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Menuju Muba Maju Berjaya 2022″.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Muba H Richard Cahyadi AP  MSi mengatakan kegiatan Sistem Siskeudes ini dilakukan pertama kali di kabupaten Muba. Hal ini dilakukan agar penggunaan dana desa bisa terwujud secara transparansi akuntabel.

“Dalam melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa menuju muba maju berjaya 2022. Gunakan dana desa sesuai peruntukan dan aturan,” ungkap Richard.

Pada kesempatan itu dirinya juga menjelaskan dana desa diprioritaskan untuk pelatihan usaha pengelolaan sampah, bimbingan mental dan bimtek keluar, pelaporan keuangan desa, honor KPMD, TPK, kader Posyandu, operasional RDS, pencegahan stunting melalui posyandu juga tentang informasi desa yang terdiri dari transparansi APDES (realisasi dan rencana).

Dia juga menjelaskan terkait media publikasi, perkumpulan mitra desa yang bertujuan mengakomodir desa-desa yang ada di kabupaten Musi Banyuasin yaitu untuk mempublikasikan kegiatan yang ada di desa.

“Apabila ada media yang ada di desa silahkan bergabung di perkumpulan mitra desa,” pungkas Richard

Sementara, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi menyambut baik dan memberikan apresiasi diadakannya sosialisasi pengelolaan dana desa ini.

“Kepala desa dan sekdes dapat memahami pengunaan dana desa sesuai peruntukan dan aturan agar kedepan tidak menimbulkan suatu masalah, karena keberhasilan Pemerintah Kabupaten Muba juga tak lepas dari pengelolaan dana desa, imbuh Demoon. (wan)

Related Articles

24 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button