Musi BanyuasinNews

Tingkatkan Kebersihan, Padat Karya Desa TAU Gotong Royong

MUBA, The8news.com – Kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) dilakukan disetiap desa melalui Alokasi Dana Desa Kelurahan (ADDK) tahun 2020. Seperti yang dilakukan di Desa Tanjung Agung Utara (TAU) Kecamatan Lais melakukan tebas bayang di Tempat Pemakaman Umum (TPU) dan jalan dalam desa.

Program Padat Karya Tunai yang dilaksanakan di desa Tanjung Agung Utara, Kecamatan Lais ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid.

Kepala Desa Tanjung Agung Utara (TAU), Syamsul Kopli Lubis menjelaskan, melalui program Padat Karya, masyarakat bergotong royon membersihkan desa. Yaitu berupa tebas bayang di empat titik tempat pemakaman umum (TPU) dan di jalan dalam desa

“Masing-masing TPU diantaranya di Dusun I, satu titik, Dusun 3 sebnayak dua TPU, dan Dusun 4 satu TPU. Kemudian, tebas bayang di jalan dalam desa, dimana ranting ranting yang mengganggu pasilitas umumu semua kami bersihkan,” jelasnya kepada media, Senin (4/1).

Dikatakannya, untuk tebas bayang dilakukan secara gotong royong yang melibatkan 100 orang masyarakat terdiri dari perempuan dan laki–laki. Dan pembersihan sampah di sungai, yang dilaksanakan selama dua hari, sebelum natal dan tahun baru.

“Kita memperkerjakan lebih kurang 100 orang dari masyarakat Desa Tanjung Agung Utara (TAU). Dan hanya diselesaikan dalam dua hari saja untuk pengerjaan tebas bayang,” ujarnya

Menurutnya, bahwa program padat karya bisa menumbuhkan sikap gotong royong kepada masyarakat terutama di desanya.

“Kegiatan sangat disambut baik oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari warga Desa Tanjung Agung Utara (TAU), bernama Edi, menyambut baik kegiatan positif semacam ini. Selan bisa bersilaturahmi satu dengan yang lainnya, dapat menambah pengahadilan kami untuk kebutuhan keluarga.

“Kedepan kegiatan ini diharapkan terus dilaksanakan,” harapnya. (wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button