Musi BanyuasinNews

Warning! Anggota PWI Dilarang Rangkap Organisasi Kewartawanan

Muba, The8news.com – Warning, bagi Seluruh anggota dan pengurus PWI Muba agar tidak merangkap di dalam kepengurusan organisasi wartawan lain. Hal tersebut diungkapkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Musi Banyuasin Herlin Koisasi SH.

saat rapat internal pengurus PWI Muba, Rabu (03/03) di kantor PWI Muba, Jalan Kolonel Wahid Udin, Sekayu.

Dijelaskan Herlin Anggota PWI dilarang menjadi anggota dan pengurus di Organisasi wartawan lainnya wartawan lainnya yang berbadan hukum, baik ditingkat nasional dan daerah.karena ini suatu bentuk profesionalisme seorang wartawan,” tegas Herlin

Menurut Herlin, pelarangan tersebut sesuai aturan yang ada dalam Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah tangga (PD PRT) PWI yakni, Pasal 10 yang berbunyi “Anggota PWI dilarang Merangkap keanggotaan organisasi kewartawanan di tingkat nasional dan daerah”.

Selain itu, menurut Herlin, seorang wartawan juga harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Karena dengan UKW seorang wartawan akan mengetahui apa tugas dan pungsinya sebagai seorang jurnalis dan betingkah laku baik dan terpuji dan juga sebagai tolok ukur seorang wartawan yang professional,” ujarnya.

Herlin juga mengingatkan seorang wartawan untuk tidak menulis keluar dari kode etik jurnalistik (KEJ) agar terhindar dari perkara hukum yang mungkin saja bisa mengenai wartawan tersebut.

“Jangan melakukan penulisan yang bersifat memojokkan, menghujat, memfitnah dan melakukan penulisan bersipat sara,” ujarnya.

Sementara itu,Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Muba Mirza Saputera SH dengan tegas pihaknya akan memberikan teguran kepada pengurus dan anggota PWI Muba yang kedepatan ada di organisasi wartawan lainya.

“Kalau ada harus mengundurkan diri keanggotawan pwi muba karna sudah jelas diatur dalam PDPRT PWI tidak boleh beroganisasi ganda,” jelas Mirza.

Menanggapi pemberitaan yang ada di beberapa media online tentang adanya anggota PWI Muba yang mengundurkan diri dari kepengurusan yang ia pimpin. Dengan santai Herlin menjawab itu sah-sah saja mereka mengundurkan diri.

“Kita tidak bisa memaksa mereka tetap di PWI. Bahkan saya mengapresiasi mereka dengan secara gentlemen mengundurkan diri,” kata Herlin.

Dirinya juga berharap kepada para wartawan, khususnya di Muba harus menjunjung tinggi profesionalitas dan kode etik wartawan. (wan)

Related Articles

Back to top button