oleh

Kakanwil: Sangat Apresiasi Langkah Kalapas Muara Enim Dan PD-SPME

Muara Enim, The8news.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim kembali melakukan langkah besar dalam Mengoptimalisasi Program Pembinaan Kemandirian Warga Binaan, dengan komitmen yang kuat Kalapas Muara Enim Herdianto meluncurkan Unit Usaha Terpadu dan Sarana Asimilasi Edukasi yang di resmikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Indro Purwoko . ( Sabtu, 31 Juli 2021 )

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko turut didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Herdaus beserta rombongan lainnya hadir meresmikan Unit Usaha Terpadu dan Sarana Asimilasi Edukasi Lapas Muara Enim.

Dalam sambutannya Kakanwil menuturkan peluncuran unit usaha terpadu dan SAE yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIB Muara Enim diharapkan mampu menjadi sarana pembekalan bagi warga binaan, sebelum kembali ke tengah-tengah masyarakat.

“Ini merupakan upaya kita untuk mendidik warga binaan, dalam proses asimilasi sebelum mereka keluar, dan kembali ke masyarakat,” ujarnya.

“Lanjutnya, saya selaku pimpinan di wilayah Sumatera Selatan memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada Kepala Lapas Kelas IIB Muara Enim, Bapak Herdianto karena telah berhasil menggelorakan seluruh jajaran di lingkungan kerjanya, untuk terus kreatif, berinovasi, serta tanggap bekerja sama dengan pihak setempat dalam melakukan percepatan peningkatan berbagai pelayanan publik,” puji Kakanwil.

Ditempat yang sama, Herdianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Kakanwil yang telah meresmikan langsung Unit Usaha Terpadu dan Sarana Asimilasi Edukasi Lapas Muara Enim serta kepada para mitra lainnya yang telah mendukung Lapas Muara Enim sehingga bisa meluncurkan program terbaru kita ini.

“Unit Usaha terpadu ini yang terdiri dari Cafetaria, Cucian Mobil dan Wahana ATV sebagai upaya kita dalam mengembangkan potensi Wirausaha para Warga Binaan.

Selain itu untuk SAE bertujuan untuk mengoptimalkan pembinaan kemandirian dengan membaurkan narapidana ke tengah masyarakat dan membuka peluang partisipasi serta edukasi bagi masyarakat tentang kegiatan dan hasil produk di lapas sehingga dapat terciptanya citra positif penyelenggaraan sistem pemasyarakatan.” Kata Herdianto

Lebih lanjut Herdianto menjelaskan bahwa pembangunan unit usaha dan sarana asimilasi & edukasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih, dan Melayani (WBBM).

Lapas Kelas IIB Muara Enim sendiri telah mengantongi predikat sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada 2019. Di tahun 2021 ini, jajarannya berkomitmen untuk meraih predikat yang lebih baik.

“Sebagai komitmen dalam penyelenggaraan pembinaan kepada warga binaan juga dalam rangka pembangunan zona integritas menuju WWBM, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Muara Enim meluncurkan Sarana Asimilasi dan Edukasi yang berfokus pada Budidaya Tanaman Porang, Tanaman Hidroponik, dan Peternakan Ayam Kampung. Juga Unit Usaha Terpadu yang meliputi Galeri Karya WBP, Cucian Mobil & Motor, Arena Bermain ATV, Musholla dan Cafetaria

Dalam kesempatan itu juga, Dalam kesempatan itu juga, Direktur PD-SPME Novriansyah Regan S, HUT mengatakan, selaku pihak Perusda, pihaknya memiliki visi yang sama dengan melakukan kerja sama dengan pihak Lapas. Dimana, bekerja sama dalam memanfaatkan potensi dan lahan yang ada di Lapas Muara Enim.

“Salah satunya kita melakukan kerja sama dalam penanaman budidaya Porang dengan Lapas Muara Enim, saya sangat mengapresiasi sekali ada bapak Kalapas Muara Enim,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut turut mendampingi Kakanwil, hadir Kasubag Humas, RB dan TI (Hamsir), Plt. Kepala Lapas Kelas IIA Lahat (Pudjiono Gunawan), Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim (Made Nur Hepi Juniartha), Kepala Bapas Kelas II Lahat (Perimansyah), Kepala Lapas Kelas III Surulangun Rawas (Indra Yudha), serta Direktur Perusahaan Daerah Muara Enim, Pimpinan LKP Zakiyah Muara Enim, UMKM Batik Selaras dan lain-lain.

Dalam rangkaiannya, Kakanwil didampingi Kepala Divisi Keimigrasian turut berpartisipasi pada salah satu unit usaha terpadu yang diluncurkan, yaitu Arena ATV. Dengan gagah berani, Kakanwil mencoba menaiki kendaraan ATV sembari mengelilingi sirkuit. tentu kegiatan ini dilakukan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat. (Danu/Mat)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed