oleh

430 KK Bukit Cincin Kepri Pertahankan Hak atas Lahan

Kepri, The8news.com – Sekelompok masyarakat Bukit Cincin kelurahan Sungai Raya, Meral dan kelurahan pamak,Tebing Kabupaten Karimun Kepri, terus mempertahankan lahan yang telah diusahakan dan kuasai secara fisik terus menerus sejak tahun 1996 sampai dengan saat ini tahun 2021.

Berbagai upaya telah ditempuh untuk mengupayakan legalitas atas tanah tersebut, seorang perwakilan masyarakat berinisial H, mengatakan bahwa ada sejumlah 430 kepala keluarga di atas lahan tersebut berharap mendapatkan haknya.

Dari pantauan saat mendengarkan keterangan saksi-saksi di persidangan, saudara berinisial E sebagai RW menyatakan bahwa dialah yang  meminta kepada saudara H untuk mengonsep surat permohonan atas tanah yang diusahakan oleh masyarakat, dengan tujuan agar tidak terjadi permasalahan diantara masyarakat yg mengelola tanah dilingkungan kerjanya.

Demikian juga keterangan yang disampaikan oleh saudara Berinisial yhy dari BPN karimun, surat yang ditandatangi oleh RT dan RW ,tidak dapat dijadikan dasar penerbitan Sertifikat;

Saudara berinisial A dari Aset Daerah Pemda kabupaten Karimun, dalam keterangannya menyampaikan bahwa perkantoran pemda yang telah  dibangun lebih kurang seluas 20 ha,berbatasan /bersepadan dengan tanah masyarakat.

Sementara keterangan yang disampaikan oleh saudara R sebagai  pelapor mengatakan pernah bertemu dengan saudara H yang telah dia laporkan atas dugaan tindak pidana penipuan dan pemalsuan surat, keterangan tersebut dibantah oleh saudara H, dalam bantahannya saudara H tak mengenal R,dan tak pernah sekalipun bertemu secara langsung.

Ketika saudara berinisial RS memberikan keterangan lanjutan, menyampaikan bahwa dia tak tahu menahu atas dasar penerbitan Sertifikat PT KSP tersebut.

Dari keterangan saksi-saksi di persidangan, masyarakat semakin berkeyakinan saudara H dan MS yang  dilaporkan saudara R, atas dugaan tindak pidana penipuan dan pemalsuan surat, tidak akan terbukti.

Masyarakat percaya permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik melalui keputusan pengadilan yang adil dan berkeadilan. (Sembiring)

Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed