Uncategorized

Lapas Surulangun Rawas Over Kapasitas,Pengamanan Dilakukan Secara Humanis

Muratara, The8News.com | Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)klas lll Surulangun Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara mengalami overload hingga 78 persen.

Hal ini menyebabkan kondisi tersebut menjadikan warga binaan di Lapas Surulangun rawas dimungkinkan akan terjadi kegaduhan.

Namun menyikapi hal tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan akan terjadi kegaduhan,Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Surulangun Rawas Indra Yudha menerapkan pelayanan secara humanis pada warga binaan.

“Sebenarnya tidak memungkinkan jumlah warga binaan 342 orang dengan 4 orang penjaga keamanan selama waktu poket,namun Alhamdulillah selama saya bertugas disini lebih kurang 2 tahun setengah tidak ada terjadi keributan,”ungkap Indra Yudah saat ditemui wartawan diruang kerjanya Kami,(15/9/2022)

Indra juga mengakui,Rutan yang seharusnya diisi 200 napi warga binaan, kini diisi sampai 342 warga binaan,”berarti melebihi over kapasitas rutan mencapai 78 persen,”tutur nya.

Lanjut Indra,Faktor utama penyebab terjadinya lonjakan Napi di Rutan Surulangun Rawas ini diantaranya,Muratara sudah memiliki Polres sendiri,disamping itu juga adanya Pandemi Covid-19.

“Semua Napi asal Muratara akan dititipkan disini, sidang nya juga secara online mereka tidak lansung ke pengadilan Negeri Lubuklinggau,”katanya.

Indra juga menambahkan untuk mengurangi over kapasitas pihaknya akan memberikan Integrasi Asimilasi pada warga binaan seperti Bebas Bersyarat.

Jurnalis : Wancik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button