Uncategorized

Pelantikan Tiga Kades di Lais Semarak

MUBA,The8news.com – Ribuan masyarakat berbagai elemen menyaksikan secara langsung proses pelantikan tiga kepala desa (Kades) terpilih, hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar 17 Oktober 2022, dan Pelantikan Ketua TP. PKK Desa dua Kecamatan meliputi Kecamatan Lais dan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades terpilih periode 2022-2028, dilakukan langsung oleh Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Drs H Apriyadi MSi, di halaman kantor camat Lais, Selasa (15/11/2022).

Suasana unik pada rangkaian Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Desa dan pelantikan ketua TP. PKK Desa dalam Wilayah dua Kecamatan tersebut,

Tampak kalangan emak-emak keluarga Kades yang dilantik poto bersama yakni Kades Lais Lisyanti dan kades Purwosari membawa bucket uang jutaan rupiah dan bucket bunga membuat suasana pelantikan bertambah heboh dan semarak.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi menjelaskan, pelantikan tersebut sesuai dengan keputusan Pj Bupati Musi Banyuasin Nomor 576/KPTS-DPMD/2022 sampai dengan nomor 578/KPTS-BPMD/2022 tanggal 28 Oktober 2022 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Tahun 2022 sampai dengan Tahun 2028 dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin.

Adapun kepala desa yang dilantik adalah H Mustamil Jali kepala desa terpilih Desa Purwosari, Lisyanti kepala desa terpilih Desa Lais Kecamatan Lais dan Agus kurniawan kepala desa terpilih Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu.

“Alhamdulillah, hari ini kita menggelar pelantikan kepala desa se Kabupaten Musi Banyuasin dan jadwal pelantikan di Kecamatan Lais dan Kecamatan Sekayu yang ke 4 ,” jelasnya.

Sebagai orang-orang pilihan masyarakat di desa masing-masing, Apriyadi mengingatkan agar kepala desa terpilih dapat menjalankan roda pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan melakukan kemasyarakatan di masing-masing desa.

“Saya selaku Bupati, memberikan legalisasinya, memberi mandat kepada mereka bertiga untuk menjalankan roda pemerintahan, melaksanakan pembangunan dan kemasyarakatan di masing-masing desa,” imbuhnya.

H Apriyadi menambahkan, bahwa kepada kepala desa terpilih, setelah dilantik dan diambil sumpah maka ada kekuatan kekuasaan yang langsung melekat kepada yang bersangkutan.

“Nah, tolong jaga amanah kekuasaan ini, nasib desamu, nasib masyarakatmu, hitam dan putihnya ada di tanganmu. Oleh karena itu, tolong hati-hati benar dalam menjalankan amanah menjadi kepala desa,” harap Apriyadi.

Selain itu, dirinya juga meminta agar pemerintah Desa dapat bersinergi dan mendukun program pemerintah pusat, program provinsi dan program pemerintah Kabupaten, salah satunya adalah program yang dicanangkan oleh pemerintah provinsi seperti gerakan Sumsel Mandiri pangan.

“Gerakan ini sangat baik, tidak memerlukan modal yang besar, tidak memerlukan lahan yang luas, bisa dilaksanakan di lingkungan rumah masing-masing.

“Tugas pertama memimpin desa, kemudian tugas kedua ajak seluruh komponen ibu-ibu di desa untuk melaksanakan gerakan penanaman di lingkungan rumah masing-masing, gerakkan kembali program kelompok wanita tani yang kegiatannya adalah menanam tanaman Toga dan tanaman palawija di lingkungan desanya masing masing,” pungkasnya.

Sementara, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi mengucapkan terimakasih atas terlaksanya pelantikan dua kepala desa dalam Kecamatan Lais.

Demoon juga berpesan kepada kepala desa terpilih untuk dapat bekerja dengan semua pihak. “Saya berharap kepada kepala desa terpilih, rangkul semua pihak, jadilah sosok yang dewasa dan profesional, berikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, Semua warga sudah menjadi tanggung jawab Saudara,” harapnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Dandim 0401 Letkol Armed Dede Sudrajat, Kapolres Musi Banyuasin AKBP Siswandi SH MH SIK, 7
anggota DPRD Muba Dapil 4 dan 1 anggota Dewan dari dapil 3, OPD, Camat Lais, Camat Sekayu, Forkopimcam Lais.(Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button