Uncategorized

Bank Mandiri Bantu Percepatan Penerimaan klaim Rumah Sakit ke BPJS Kesehatan

Palembang,the8news.com – Bank Mandiri yang merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah menyiapkan pembiayaan khusus berupa Supply Chain Financing (SCF) untuk pembayaran tagihan oleh penyedia fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan.  Pembiayaan ini diharapkan membantu pengelolaan dan cash flow fasilitas kesehatan serta mendukung penyediaan layanan kesehatan komprehensif bagi masyarakat.
Bank Mandiri membantu percepatan penerimaan klaim rumah sakit ke BPJS Kesehatan dan bantuan dalam bentuk Hospital Claim Financing ini telah membantu 173 rumah sakit di Indonesia dengan nilai mencapai 1,35 triliun, ujar Aribow selaku RCEO Bank Mandiri Region II/ Sumatera 2.
Menurut Aribowo, lewat program tersebut, Bank Mandiri membayar tagihan klaim rumah sakit, setelah di verifikasi oleh BPJS Kesehatan. Di Wilayah Palembang dan sekitarnya, “terdapat 21 Rumah Sakit yang telah kami bantu dengan nilai sebesar Rp 151,3 Miliar”, kata Aribowo.
Sementara limit pembiayaan akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Rumah Sakit, tambahnya.
Melalui layanan ini, Bank Mandiri berharap pengelolaan cash flow rumah sakit bisa lebih baik, sehingga layanan kesehatan pun dapat berkembang baik disamping itu dukungan pembiayaan ini juga diharapkan dapat memberikan kepastian dan kenyamanan kepada masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaik dari mitra BPJS Kesehatan, ujar Aribowo.
Sejak 2014, Bank Mandiri juga telah mengembangkan layanan keuangan terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan di sektor kesehatan melalui Mandiri Hospital Application Solution (MHAS) dan Mandiri Cash Management, sebagai upaya untuk memudahkan pengelolaan keuangan rumah sakit. Bank Mandiri juga menyiapkan layanan perbankan untuk pengurus dan karyawan Rumah Sakit secara terpadu yang biasa disebut Bank at Work.
Sejauh ini, tak ada kendala bagi Bank Mandiri dalam menjalankan SCF baik di tingkat nasional maupun daerah. Dari dulu hingga kini, hubungan antar lembaga, Bank Mandiri dengan BPJS Kesehatan tetap terjalin dengan baik, katanya.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang, Andi Ashar mengatakan bahwa SCF merupakan solusi yang paling mudah sekaligus aman untuk mengatasi kebutuhan cashflow Rumah Sakit dalam jangka pendek. Pemerintah masih memegang teguh komitmen untuk menjaga keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat. Diharapkan dengan demikian, fasilitas kesehatan khususnya rumah sakit, cukup percaya diri untuk bergabung dalam SCF, pungkas Andi. (rill/ern)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button