Uncategorized

Basarnas Terus Evakuasi Korban Tsunami Samudera Hindia

Banten, the8news.com — Basarnas bersama tim SAR gabungan terus berupaya mengevakuasi korban- korban Tsunami di wilayah provinsi Banten dan Lampung, pada Minggu (23/12), baik korban luka-luka maupun meninggal.
Untuk penyisiran di wilayah terdampak Tsunami di Banten, selain mengerahkan para rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Banten, BASARNAS juga mengerahkan  satu tim BSG (BASARNAS Special Group), 10 orang rescuer Kantor dan Pertolongan SAR Jakarta serta 20 orang rescuer Kantor SAR Bandung.
Personel BASARNAS yang bertugas di wilayah Banten berjumlah 66 orang. Mereka terbagi menjadi empat SRU (Search and Rescue Unit) dengan area pencarian, meliputi Merak, Anyer dan Carita.
Sedangkan untuk upaya penyisiran dan evakuasi korban Tsunami di wilayah Lampung, BASARNAS mengerahkan 52 orang personel Kantor SAR Lampung. Selain penyisiran di wilayah pantai di Lampung, tim Kantor SAR Lampung juga melakukan penyisiran di perairan Panjang, Bakauheni, Kalianda dan Tanggamus.
Upaya pencarian korban Tsunami tidak hanya dilakukan di darat saja, namun juga di laut dengan menggunakan RIB (Rigit Inflatable Boat) milik Kantor SAR Banten, serta pencarian lewat udara dengan menggunakan satu unit helikopter BASARNAS jenis AW 139.
Berdasarkan data yang dihimpun dari laporan tim di lapangan, hingga pukul 16.30 WIB, jumlah korban meninggal di wilayah Banten yang telah terevakuasi sebanyak 119 dan korban luka-luka sebanyak 515 orang. Sedangkan di wilayah Lampung, jumlah korban meninggal yang telah terevakuasi sebanyak 49 orang dan korban luka-luka sebanyak 220 orang.
Jumlah korban Tsunami, baik di Banten maupun di Lampung, diperkirakan masih terus bertambah, mengingat sangat luasnya wilayah terdampak serta belum semuanya terjangkau tim SAR gabungan.
Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih terus berupaya mencari dan mengevakuasi koban Tsunami di wilayah Banten dan Lampung. (Nis/Hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button