Uncategorized

Bupati Bagikan Langsung Kartu dan Sertifikat Wartawan yang Lulus UKW

Sei Rampah , the8news.com — Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Serdang Bedagai (Kab. Sergai) ke-15, yang dipimpin langsung oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman, Jumat (4/1/2019) di Lapangan Firdaus, Sei Rampah, ada pemandangan lain dari biasanya , Pasalnya, selain Aparat Sipil Negara (ASN) yang mengabdi puluhan tahun menjadi peserta upacara dan menerima penghargaan. Ternyata ada barisan wartawan juga yang menerima sertifikat Uji Komptensi Wartawan (UKW) langsung dari Bupati.

Peristiwa yang cukup unik ini, hanya terjadi di Kabupaten Serdangbedagai , Provinsi Sumatera Utara. Manakala para penerima kartu UKW Angkatan XIII PWI Sumut yang berbaris bersama ASN yang juga mendapat penghargaan karena pengabdian dan kesetiaannya selama 20, 25, dan 30 tahun tak terputus.

Para wartawan kompeten itu selain mendapat ucapan selamat dari Bupati Sergai H Soekirman dan Ketua PWI Sumut Hermansjah juga mendapat ucapan dari unsur Forpimda diantaranya, Dandim, Kapolres, Kajati, Ketua PN, PA, Kepala OPD, Kepala BNNK Sergai, dan para camat dan lurah dijajaran Kabupaten Sergai.

Penyerahan kartu dan sertifikat kompeten Dewan Pers itu dilaksanakan dalam satu acara terhormat pada rangkaian Upacara Hari Jadi Kab. Sergai ke 15 di Lapangan Firdaus, Sei Rampah, Serdangbedagai, Sumatera Utara, pagi tadi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kadis Kominfo, H Ikhsan MAP, menyambut baik usulan kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi digelar di Sergai, ungkapnya

“Kalau bisa dilaksanakan di Desa Melati, Kec. Perbaungan dengan mengambil momen padi yang menguning ataupun sedang hijau sehingga dapat menarik minat wisata”,katanya.

Menurut Bupati, ia sangat merespon agar Sergai menjadi tuan rumah HPN tingkat Provinsi tahun 2019 ini dengan harapan mampu mendongkrak potensi pariwisata yang ada, singkatnya.

Ketua PWI Sumut H Hermansjah saat dihubungi the8news.com via telepon selular mengungkapkan dirinya sangat bangga dan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Bupati Serdang Begadai yang telah mensejajarkan antara Asn dan para wartawan yang telah mendapat sertifikat kompeten dari Ukw ke-13 yang dilaksanakan oleh Pwi Sumut , ungkapnya.

“ini baru pertamakalinya seorang Bupati membagikan langsung sertifikat dan kartu Ukw bagi rekan rekan wartawan yang lulus dalam uji kompetensi di Sumatera Utara dan mungkin di Indonesia,” katanya.

Ia juga berterimakasih kepada Pwi pusat yang telah mendukung dalam terlaksananya ukw ini, dimana menurutnya wartawan yang telah lulus ukw dinyatakan berkompeten dan pemerintah dapat menilai mana wartawan yang telah berkompeten atau belum, baik dalam penulisan maupun profesi kewartawanannya , maka ia juga sangat menyayangkan jika ada organisasi profesi ini menganggap ukw hanya merupakan langkah menghalangi dalam profesi ini, tukasnya.

” sangat disayangkan jika ada organisasi profesi lain yang mengatakan jika ukw hanya langkah untuk menghambat kerja wartawan,” padahal tambahnya dengan ukw wartawan mendapat penghargaan dan mendapat kemampuan dalam menjalankan profesinya.

Untuk itu kami memberi support kepada PWI Pusat khususnya Dewan pers untuk terus melaksanakan ukw dimanapun karena ini merupakan organisasi profesi yang di akui, tandasnya.

Sementara itu Ketua Bidang Advokasi Pembelaan Wartawan PWI Pusat, Oktaf Riyadi saat dimintai tanggapannya mengenai penghargaan yang di berikan Bupati Serdang Begadai kepada wartawan Sumut yang telah mendapat predikat kompetensi sangat bangga dan ia berharap kepada semua pejabat di negeri ini untuk dapat mengikuti apa yang dilakukan oleh Bupati di Serdang Bedagai, ucapnya.

“kita berharap semua pejabat di negeri ini mengikuti apa yang dilakukan oleh Bupati Serdang Begadai,”

Ditambahkan Oktaf uji kompetensi wartawan adalah tolak ukur atas keprofesionalan seorang wartawan , jadi wartawan yang telah lulus Ukw sudah dianggap berkompeten, “karena UKW merupakan tolak ukur wartawan profesional”, singkatnya (ern)

Related Articles

3 Comments

  1. Ping-balik: Related Site

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button