Uncategorized

Gardu Induk Tebing Tinggi Terkendala Pembebasan Lahan

Empat Lawang,the8news.com – Rasio pemadaman listrik di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Saling, Kabupaten Empat Lawang masih tinggi. Penyebabnya antara lain karena jarak jaringan dari gardu induk (GI) cukup jauh, menurut Manager PLN Rayon Tebing Tinggi, Mustofa, ” jaringan listrik wilayah Tebing Tinggi masih disuplai dari GI Lahat, yang jaraknya cukup jauh”.

Menurutnya di wilayah Kecamatan Saling dan sebagain wilayah Tebing Tinggi ada juga yang disuplai dari GI Lubuklinggau, yang jaraknya juga jauh, katanya.

Menurutnya dikarenakan jaringan yang jauh dari GI tersebut, maka tidak heran lagi listrik byarpet (nyala – mati) sering terjadi di Tebing Tinggi dan Saling. Apalagi saat cuaca buruk, jaringan sering terkena tanam tumbuh di sekitar jaringan listrik, bebernya.

“Tanam tumbuh di sekitar jaringan listrik sering menyebabkan listrik mati. Tapi petugas sudah membersihkan tanam tumbuh yang mengganggu dan kegiatan ini akan rutin dilakukan,” jelasnya.

Masih dikatakan Mustofa, untuk jaringan listrik di wilayah Kecamatan Muara Pinang, Pendopo dan sekitarnya, rasio pemadaman listrik kecil. Sebab, jaringan di sana disuplai dari GI Pagaralam dan tidak banyak tanam tumbuh yang mengganggu jaringan.

“Kami terus berupaya memberikan pelayanan sehingga listrik normal. Akhir tahun ini kemungkinan GI Tebing Tinggi bisa dioperasikan sehingga listrik di Empat Lawang lebih maksimal, Kendalanya sekarang masih tahap nego pembebasan lahan untuk tapak tower, sekitar 30 titik,” tukasnya.(fz)

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button