Uncategorized

Harrey Optimis Pempek Mampu “Mengiurkan” Tim Juri

Palembang, the8news. Com — Tahap akhir paparan untuk dinilai tim juri Badan Ekonomi Kreatif (BE Kraf), Selasa (18/6/2019) di Hotel Alila Jakarta selesai dilakukan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Paparan yang langsung dibuka Kepala Dinas Bappeda Litbang kota Palembang, Harrey Hadi dan didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata kota Palembang, Isnaini, Kepala Dinas Perdagangan kota Palembang, Yeni Hardayani, dan Staf ahli khusus Bidang Pariwisata , Investasi, Ekonomi Kreatif Herlan Asfiudin , mengangkat sub sektor unggulan kuliner.

Kuliner yang dijadikan bahan utama paparan penilaian dari 40 tim yang terdiri unsur BE Kraf, akademisi dan ahli kreatif di Indonesia ini, khas makanan daerah Pempek mampu” mengiurkan” tim juri.

“Saya melihat program Walikota Palembang sangat visioner dan didukung seluruh stakeholder, baik masyarakat, akademisi dan pebisnisnya,” kata Harrey Hadi usai melakukan pemaparan dalam seleksi empat kota kreatif Indonesia.

Kota Palembang, bagian dari 10 kota yang masuk dalam nominasi kabupaten dan kota Kreatif (Ka Ta Kreatif)yakni, Kabupaten Majalengka, Kota Semarang,Kabupaten Rembang,Kota Surakarta,Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan,Kabupaten Gianyar dan Kota Denpasar.

Harrey  menjelaskan, Kota Palembang sengaja mengambil sub sektor kuliner, karena Palembang sudah dikenal dengan khas pempek. Pempek sendiri sudah ada sejak tahun 1836.

“Kuliner pempek ini sudah ada dari dulu dan diwariskan oleh turun temuruun. Makanya pempek kita sangat dikenal,” katanya.

Lanjutnya, saat ini pempek telah mampu bersaing di kanca internasional. Serta Mengikuti perkembangan jaman, pempek telah banyak ragam variannya.
Ekonomi kreatif Palembang, saat ini telah mampu mengembangkan dan mendorong usaha kreatif untuk lebih maju.

Tidak saja pada sub sektor yang ada, namun juga mendorong pada skala yang baru.

“Kita optimis bahwa Kota Palembang bisa masuk dalam empat kota kreatif Indonesia 2019. Dan kedepan kita semua harus bekerjasama, untuk memajukan kota Palembang,” tutupnya.

Untuk hasil seleksi 4 kota kreatif Indonesia. Pihak panitia BE Kraf akan mengumumkan hasilnya pada hari Rabu (19/06) besok, melalui email masing-masing pemerintah kota Palembang.(rill*)

Related Articles

Back to top button