Uncategorized

Karnaval Kebhinekaan, Puncak Hut Bhayangkara ke-73 Pertama di Indonesia

Palembang,  the8news. Com — Antusias riibuan masyarakat penuhi pelataran Benteng Kuto Besak (BKB)  Demi mengikuti dan menyaksikan pagelaran Karnaval Kebhinekaan, yang dilaksanakan untuk pertama kali di Indonesia yaitu Sumatera Selatan, Sabtu, (20/7/2019).

Pagelaran ini diinisiasi langsung oleh Polda Sumsel, Polresta Palembang dan Polres Banyuasin bersama Pemerintah Kota Palembang yang  merupakan puncak  rangkaian kegiatan HUT ke-73 Bhayangkara dan menyambut Hari Kemerdekaan HUT Ke-74 Republik Indonesia, yang dihadiri juga oleh Walikota Palembang H.Harnojoyo, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan,S.I.P.,M.Hum, dan Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Denni Gapril dan seluruh komponen masyarakat.

Acara dimulai dengan jalan santai yang dimulai dari BKB, Kantor Pos, Kantor Walikota Palembang, River Side, dan kembali ke BKB. Selain itu, dan acara deklarasi orasi kebangsaan oleh Gubernur Sumsel.

Hadir dalam karnaval bertema “Wong Kito Galo Bersatu Merajut Kebhinekaan Membangun Kebersamaan dalam Keberagaman Guna Mewujudkan Indonesia Unggul”, Gubernur Sumsel H. Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Prov Sumsel Hj. Febrita Lustia Herman Deru

Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru juga mengungkapkan apresiasinya dan ucapan terima kasih atas persatuan yang dijunjung oleh setiap elemen masyarakat dalam menjaga kesatuan di Sumsel, walau penuh dengan keberagaman.

“Masyarakat di Provinsi Sumsel patut besyukur karena hingga saat ini, kita bersama-sama berkomitmen menyandang predikat Sumsel zero konflik,” ujar Gubernur H. Herman Deru

Sementara itu, Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan kegiatan karnaval kebhinekaan ini bertujuan untuk  membangun dan mewujudkan  Indonesia yang unggul sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia yang kaya akan kebergaman suku, budaya, ras dan agama.

“Keberagaman inilah yang membuat Indonesia kaya yang disatukan dengan pancasila tepatnya sila ke 3 yang berbunyi Persatuan Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

Melalui momentum ini, Harno menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tetap terus menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia umumnya dan Provinsi Sumsel khususnya.

Ia mengajak untuk menjaga silaturahim sehingga terjalin komunkasi yang harmoni dengan seluruh masyarakat. Pemkot Palembang mengucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat terhadap perhelatan akbar sehingga dapat sukses.

Semoga jalinan kerjasama dapat terus terlaksana dengan baik sehingga dapat bersinergitas guna mewujudkan suasana kondusif di provinsi Sumsel.

Untuk menghibur masyarakat yang sudah antusias sejak subuh hadir di BKB, disuguhkan hiburan mendatangkan artis ibu kota dari manajemen republik cinta Mahadewi dan pembagian doorprize menarik.

Selain itu acara ini menampilkan berbagai pertunjukan yang dikemas dalam Deville Karnaval Kebhinekaan (Deville 23 Lapisan Masyarakat, Budaya, Agama, Pemuda, TNI, Polri, Komunitas, juga pembacaan deklarasi yang di bacakan oleh seluruh perwakilan umat beragama yang ada di Indonesia khusunya Sumatera Selatan.

Dalam karanaval tersebut, dinas kebudayaan kota Palembang selaku Tim Juri menilai , keragaman Indonesia merupakan bentuk Pemersatu bangsa, dan yang kita nilai selain kekompakan juga pakaian yang di pakai masing masing peserta karnaval, tukas Lisa. (ern)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button