Uncategorized

Orgil Sering Ngamuk dan Berkeliaran di Kota Empat Lawang

Tebing Tinggi,the8news.com — Sejumlah warga Empat Lawang khususnya warga ibu kota Tebing Tinggi, akhir-akhir ini mengeluh dengan banyaknya orgil atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran disudut kota.
“Akhir-akhir ini orgil yang berkeliaran mulai meresakan warga. Karena mereka sudah mulai melakukan kekacauan,” ujar Saleh salah seorang pedagang di pasar Tebin Tinggi.
Menurutnya, entah dari mana asalnya para orgil ini datang memasuki sudut kota Empat Lawang.
“Mereka berteriak-teriak, mengacau lapak dagangan dan  ada saja yang tidak mau pergi apa bila belum di usir. Nah, inikan sanggat meresakan warga,” ujarnya.
Lebih lanjut dismpaikannya, kondisi ini tentunya sanggat mengkhawatirkan sebab, jika terus didiamkan tentunya dapat merugikan warga dengan kejengkelan mereka.
Berkeliarannya para orgil ini sambungnya, harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah dalam hal ini pihak terkait, terutama Dinas sosial, menurutnya Dinas tersebut merupakan bidangnya untuk mengawasi ini, dengan memberikan pembinaan ataupun penarikan dan pemindahan orgil ke daerah lain.
“Ya seharusnya kondisi ini mendapatkan perhatian khusus dari dinas terkait, agar tujuannya para gepeng tersebut dapat dibina dan tentunya tidak meresakan warga,” harapnya.
Sementara itu, Dinas Sosial Kabupaten Empat Lawang memberikan tanggapan terkait maraknya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di jalan.
Menurutnya fenomena tersebut dianggap sangat berbahaya bagi ODGJ sendiri maupun orang lain.
“Keberadaan ODGJ di jalanan selain bisa mengganggu ketertiban umum, juga dapat membahayakan ODGJ sendiri dan orang lain,” kata Plt Kepala Dinas Sosial Empat Lawang Bambang Irawan.
Sebab itu, Bambang mengimbau kepada masyarakat agar bisa turut serta berperan aktif dalam melaporkan jika menemui ODGJ yang berkeliaran di jalanan. Laporan bisa dilakukan kepada Satpol PP, maupun Laporan itu yang nantinya langsung ke pihaknya.(fz)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button