Uncategorized

Peh !.. ” Naek Delman “

Palembang,the8news.com — Keinginan warga Palembang yang ingin menikmati sensasi alat transportasi tradisional yang ditarik memakai tenaga kuda yaitu Delman kini hadir di Kota Palembang.

Hanya dengan merogoh kocek 10 ribu rupiah per orang, sensasi menikmati kendaraan tempoe dulu inipun akan mengajak kita bagaimana rasa kembali di era tahun 60an, yang mana saat itu Delman atau Sado ini paling mudah ditemui di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang.

“Saat ini baru tersedia tiga unit Delman yang langsung didatangkan dari Kota Metro Lampung,” kata Walikota Palembang H.Harnojoyo, Jumat (11/1/2019) kemarin,  saat melauching Delman Wisata di Kambang Iwak di jalan Tasik Palembang.

Sensasi bonus tambahannya, kata Harnojoyo, naik Delman ini, warga Palembang ataupun wisatawan akan di suguhi lagu lagu khas Palembang sambil memutari Kambang Iwak Besar dan Kecil

“Kusirnya juga akan memakai pakaian khas Palembang pakai baju adat dilengkapi dengan Tanjak di kepalanya, sambil mengendarai Delman memutar lagu khas Palembang,” kata Harnojoyo.

Tidak menutup kemungkinan, jika antusias masyarakat sangat tinggi untuk naik Delman ini, penambaham Delman akan dilakukan.

“Saat ini tiga buah dulu, kalau peminatnya banyak bisa saja kita minta tambahan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani mengatakan, Delman ini sengaja didatangkan dari Lampung mengingat banyaknya permintaan warga kalau bisa ada Delman di objek objek wisata Kota Palembang.

“Jam operasionalnya pukul 08.00 Wib hingga sore,” kata Isnaini.

Nah, si Kusir ini, agar tetap menjaga keamanan dan kenyaman, diwajibakan tidak mengambil penumpang dijalan adan menurunkan penumpang disembarang tempat.

“Ada aturannya menaikan penumpang dan menurunkan penumpangnya tidak disembarang tempat, mereka harus mengambil penumpang dan menurunkan penumpang harus di Kambang Iwak,” katanya.

Namanya, kuda kata Isnaini pasti akan buang air kecil dan besar, tapi jangan takut kuda ini telah dilengkapi Pampers agar kotoran dan air seninya tidak mengotori jalan.

“Kita tetap mengedepankan kebersihan, selaian di Delman disediakan tempat sampah juga kuda ini tidak akan buang kotoran sembarangan yang dapat mengotori jalan,” pungkasnya.(rill/ern)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button