Rilis PLN

Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Tanam 32.000 Pohon

PALEMBANG – the8news.com –Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, PLN melaksanakan penanaman pohon yang dilaksanakan di wilayah operasional PLN dari Sabang sampai Merauke pada Selasa (5/6/2018). Program aksi ini menargetkan sebanyak 32.000 pohon ditanam oleh 32 unit kerja PLN se-Indonesia.
Untuk di Sumatera Selatan, lokasi yang melaksanakan penanaman pohon ada di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Adapun jumlah pohon di seluruh lokasi adalah 1.100 pohon.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Manajemen PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (PLN KITSBS) dan pejabat pemda setempat serta Asisten I Bupati Ogan Ilir Bapak Drs. H. Abdurahman Rosidi, MM, MBA).
General Manager PLN KITSBS, Bapak R. Bambang Anggono menyatakan bahwa aksi program penanamam pohon ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab PLN terhadap penyelamatan lingkungan.
“PLN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik tentu harus bertanggungjawab melestarikan lingkungan sekitar. Program penanaman pohon ini dilakukan secara berkala oleh seluruh unit di PLN. Semoga program ini juga dapat menunjang unit-unit PLN dalam peraihan PROPER dari KLHK sehingga dapat mempertahankan gelar PROPER Hijau dan bahkan memotivasi untuk memperoleh PROPER Emas,” tutur Bambang.
Program penanaman pohon yang merupakan program PLN Peduli (CSR PLN) ini sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi global warming. Program ini juga mengajak stakeholder PLN, masyarakat dan akademisi untuk ikut bersama menjaga lingkungan hidup.
Bupati Ogan Ilir yang diwakili Asisten I Abdurahman mengucapkan terima kasih kepada PLN yang sudah turut serta peduli terhadap lingkungan Ogan Ilir.
Untuk jenis tanaman yang diprioritaskan pada program ini adalah jenis tanaman produktif, tanaman khas lokal dan tanaman yang dapat mengurangi pencemaran. Lokasi penanaman pohon ini fokus pada wilayah sekitar PLN dan lokasi masyarakat umum, seperti pesisir laut, sempadan sungai, lahan gundul, dan lainnya.
Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 32.000 pohon sebesar Rp 4,64 Milyar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.
Sebagai informasi, total target penanaman pohon yang dilaksanakan unit PLN se-Indonesia pada 2018 adalah sebanyak 56.000 pohon dan akan terus bertambah setiap tahunnya.
PLN KITSBS sendiri melaksanakan serentak di 5 provinsi. Beranggotakan 10 sektor, dibawah naungan PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan menanam 1.100 bibit pohon yang terbagi wilayah Sumatera Selatan (PLN Kantor Induk, PLN Sektor Dalkit Keramasan dan PLN Sektor Kit Bukitasam) dengan total 300 pohon, wilayah Jambi dan Bengkulu masing-masing 100 pohon, dan juga wilayah Sumatera Barat (PLN Sektor Ombilin, Bukittinggi dan Teluk Sirih) dan Lampung (PLN Sektor Bandar Lampung, Tarahan dan Sebalang) dengan 300 pohon.(Red)

Related Articles

26 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button