Uncategorized

PWI Sumsel Gelar Coaching Clinic Bertema Diksi Ragam Bahasa Jurnalistik

Palembang,the8news.com — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar kegiatan coaching clinic dengan tema ‘Diksi Ragam Bahasa Jurnalistik’, di rumah besar PWI Sumsel, Jalan Supeno No.4 Kelurahan Talang Semut, Palembang, Selasa (30/7/2019).

Selain Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh jajaran pengurus tingkat Provinsi Sumatera Selatan dan sejumlah jurnalis dari berbagai media yang tergabung dalam organisasi PWI di sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

Kegiatan ini dimentori oleh Linny Oktaviany yang notabenenya adalah seorang peneliti bahasa pada Balai Bahasa di Provinsi Sumsel. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan agar wartawan semakin piawai dalam menggunakan diksi atau memilih kata-kata yang sesuai dengan bahasa jurnalistik.

“Wartawan itu orang yang piawai menulis, maka dengan adanya kegiatan ini diharapkan semakin piawai juga menulis sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik sebagai fungsi dan substansi, benar berdasarkan kaidah berbahasa,” ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga membahas tentang penggunaan diksi di bahasa jurnalistik, kemudian bagaimana wartawan membuat diksi yang baik sesuai dengan kaidah, lalu temuan-temuan di media massa cetak maupun online dalam aspek kebahasaan.

Pada kesempatan yang sama, H. Firdaus Komar yang akrab disapa Firkom menjelaskan, bahwa coaching clinic ini merupakan salah satu cara untuk merecharge atau merefresh kembali sekaligus meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia yang baik dalam menulis berita.

“Teman-teman wartawan saya lihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Yang namanya bahasa Indonesia kan harus direfresh, biar tidak buntu, jadi lebih pada meningkatan kemampuan kita dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk menulis terkait dengan karya jurnalistik yang kita buat,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan digelarnya kegaiatan ini teman-teman wartawan dapat mengetahui bagaimana cara membuat diksi yang baik, sehingga menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button