Palembang

Idham Rianom, Kuda Hitam yang Kian Melejit di Hadapan

PALEMBANG,the8news.com | Calon Walikota Palembang Idham Rianom tampaknya bakal melaju secara mengejutkan. Sebab dari sejumlah gagasan dan pendapatnya tentang kota ini sangat mengejutkan sejumlah personal dari Partai Nasdem.

Dalam perbincangan dengan sejumlah personal dari Partai Nasdem H Darwin Azhar, Darna Dahlan, Zain Ismed, dan Sofwan Hadi, Idham Rianom mengutarakan pengelolaan wisata Sungai Musi dan wisata budaya Bukit Seguntang.

“Apabila saya dipercaya masyarakat untuk mengemban jabatan Walikota Palembang, yang saya lakukan adalah memberdayakan potensi Sungai Musi dan sembilan anak sungai yang masih tersisa,” ujar Idham Rianom, Minggu, 12 Mei 2024.

Menurut Idham, untuk mengembangkan potensi wisata air Sungai Musi, perlu dibentuk administrasi pariwisata untuk menelusuri arus air sungai yang begitu menawan.

Kalau selama ini, kata Idham, objek wisata yang ada belum dilakukan secara profesional, terutama untuk kawasan wisata air Sungai Musi. “Padahal panorama wisata air ini sangat menarik,” jelasnya.

Maka, terkait usaha yang akan dikembangkan itu, Idham Rianom akan membentuk wisata terpadu untuk menelusuri Sungai Musi. “Program penelusuran Sungai Musi ini saya sebut sebagai wisata air Widurisusi (wisata terpadu Sungai Musi),” ujarnya.

Menurut Idham, pelayanan Widurisusi itu akan dibentuk paket wisata dengan dilengkapi kapal Jetfoil dengan ukuran kecil, menengah, dan Jetfoil ukuran besar.

Untuk wisata jarak pendek, kata Idham, kapal Jetfoil itu akan diarahkan pada pelintasan wisata spiritual ke makam Kyai Marogan, Pulau Kemaro, dan kawasan Sungsang.

“Di Kecamatan Sungsang Banyuasin, kita kembangkan wisata kuliner pempek udang, sehingga bisa mempengaruhi pengembangkan ekonomi kerakyatan melalui UMKM (usaha mikro, kecil, da menengah).

Dari Sungsang, lanjut Idham, paket wisata itu bisa berlanjut ke kawasan Sungai Sembilang. Di wilayah ini ada kawasan hutan bakau dan burung-burung yang datang dari Siberia. “Alamnya wuih, cantik nian,” tukas Idham yang membuat personal Partai Nasdem jadi terkagum-kagum.

Idham Rianom yang didampingi Ketua Lembaga Spiritual dan Kerohanian Forum Palembang Bangkit (FPB) Sumsel Rahmat Sofiandi SIP, pasukan khusus FPB Mulkan Hermansyah dan Ketua Lembaga IT dan Informatika FPB Imam Martika itu menjelaskan potensi wisata budaya Bukit Seguntang yang sebaiknya bakal dibangun Siguntang Sriwijaya Tower. “Jika menara (tower) itu jadi dibangun, dampaknya sangat baik bagi pengembangan ekonomi rakyat yang berjibaku dengan kuliner pempek, lakso, burgo, dan makanan khas Palembang lainnya,” ujar Idham yang dinilai menjadi “Kuda Hitam” dalam Pilwako Palembang 2024-2029. (*)

Laporan Anto Narasoma

Related Articles

Back to top button