Musi Banyuasin

Kebakaran Sumur Minyak Ilegal, Tim Gabungan Temukan Dua Korban Jiwa

MUBA,The8news.com – Sumur minyak Illegal di Desa Srigunung Kecamatan Sungai Lilin kabupaten Musi Banyuasin (Muba) , terbakar hebat. Jumat 28 Juni 2024.

Sebelumnya, semburan minyak mentah yang diduga dari sumur bor ilegal tersebut mencemari sungai Parung di kecamatan Sungai Lilin

Akibat peristiwa itu ,satu orang di ditemukan meninggal dunia dan empat orang lainnya mengalami luka bakar

Korban ditemukan oleh tim Satpolair Polres Muba dalam kondisi sudah tidak bernyawa (Wafat) di aliran Sungai Dawas dan sudah dievakuasi, dibawak ke RSUD Sungai Lilin.

Data korban belum bisa dipastikan , namun data sementara menyebutkan korban bernama Dedi warga Pinang Banjar.

Tim Gabungan terdiri dari Polisi ,TNI dan Basarnas, Sat Pol Airud, BPBD yang diterjunkan menelusuri di seputaran lokasi peristiwa tersebut, sempat kesulitan melakukan evakuasi terhadap korban terbakar.

“Hari ini telah ditemukan satu korban jiwa di aliran Sungai Dawas, tim masih melakukan pencarian,” jelas Kapolsek Sungai Lilin Iptu Moga Gumilang.

Disinggung terkait adanya korban luka bakar dirawat di RSUD, Kapolsek membenarkan.

“Namun datanya belum jelas, masih kita kumpulkan,” jelasnya.

Korban meninggal kemungkinan besar merupakan warga yang sedang memeras minyak disekitar lokasi.

Terpisah Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Lilin, Jumat malam 29 Juni 2024 ada 4 orang pasien yang mengalami luka bakar masuk ke RSUD Sungai Lilin, sekarang sedang di rawat.

Direktur RSUD Sungai Lilin dr Ichsan Nur Hamdan melalui Plh Kabid Pelayanan dr Septian Nugraha Wijaya membenarkan pihaknya menerima korban luma terbakar.

” Semalam di IGD Kita menerima empat orang pasien luka bakar dengan kondisi cukup parah ada yang mencapai hingga 70 persen luka bakarnya,” jelas dr Septian.

Selanjutnya, team gabungan terus melakukan pencarian.Pada hari kedua team gabungan kembali temukan Satu Lagi Korban jiwa, sehingga korban Meninggal Jadi 2 Orang.

Korban yang ditemukan ini adalah bernama Alexander (31) warga Desa Pinang Banjar Kecamatan Sungai Lilin.

“Proses pencarian hari ini kembali menemukan 1 orang korban yang tenggelam akibat terdampak kebakaran sumur ilegal di Desa Srigunung Kecamatan Sungai Lilin,” jelas Kepala BPBD Muba Pathi Ridwan.

Lanjutnya, Pada pencarian hari kedua Tim Gabungan pada Pukul 07.00 Wib masih melakukan penyisiran radius 1 hingga 2 kelometer secara bersama-sama dengan masyarakat.

Tim menggunakan speed boat dari titik yang diperkirakan korban tenggelam serta melakukan pengeburan air menggunakan Perahu Lcr.

“Selanjutnya Tim dibagi untuk melakukan penyisiran disisi kiri dan kanan Sungai Dawas Sampai Radius yang telah di tentukan oleh Tim,” jelasnya.

“Pada Pukul 12.10 Wib Tim Sar Gabungan Berhasil mengevakuasi korban yang terdampar di pinggiran sungai Dawas, dan korban langsung dibawa kerumah duka,” imbuhnya.(*)

Post by Wan

Related Articles

Back to top button