MurataraNews

Komisi III DPRD Muratara Gelar Rapat Terbuka Terkait Penambang Ilegal

Muratara ,The8news.com – Komisi lII Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabuaten Musirawas Utara(Muratara) Provinsi Sumsel mengelar Rapat terbuka yang dilaksanakan pada hari Rabu( 6/1/2020)

Rapait dihadiri Ketua DPRD Muratara Efriansyah SSos, Kadis DLHP H Zulkipli, Kadis Pendidikan Skamto, Satpol PP Firdaus dan Anggota Komisi III DPRD Muratara.

Rapat tersebut membahas terkait pemberitaan yang beredar, baik di medsos, media cetak dan media online tentang keruhnya air sungai (Sungai Rupit, dan Sungai Rawas) yang membuat keresahan masyarakat, diduga adanya aktivitas penambang liar beroperasi di hulu sungai.

Kabid PPLH DLHP Muratara Indrayani mengatakan, untuk membuktikan kebenarannya pihaknya harus membentuk tim untuk melihat langsung kondisi di lokasi tersebut.

“Harapan saya kita bentuk tim cek lokasi, dan kita lihat regulasi izin pada penambang tersebut,” ujarnya.

Sementara itu disampaikan oleh Anggota Komisi lll DPRD Muratar Yudi Nugraha, untuk saat ini pihaknya  belum bisa menyimpulkan bahwa penyebab apa yang terjadi air sungai menjadi keruh dan gatal-gatal, menurutnya ini akibat adanya aktivitas yang dilakukan di hulu sungai,

” Seharusnya buat tim untuk melihat kelokasi, kalau kegiatan dilakukan dengan berbentuk dompeng atau alat berat, berarti ini ada toke (yang punya usaha) bermain di situ,” kata Yudi.

Menyikapi masalah tersebut, Ketua DPRD Muratara Efriansyah SSos menyatakan, bahwa dirinya sepakat apa yang disampaikan oleh komisi lll DPR untuk membuat tim. “Kita harus tegas,” katanya.

Karna menurut ia, lebih banyak yang dirugikan daripada yang di untungkan, sedangkan yang diuntungkan hanya pelaku usaha.

“Saya sepakat buat tim, setelah itu kita minta petunjuk dari provinsi, lalu kita adakan musyawarah dengan memanggil pelaku usaha tersebut,” pungkasnya.
(Wancik)

Related Articles

25 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button