Musi BanyuasinNews

Vaksinasi Covid 19 di Kecamatan Lais Lancar dan Aman

Muba, The8news.com – Pemberian Vaksinasi Covid-19 untuk para tenaga Kesehatan di kabupaten Musi Banyuasin (Muba) di lakukan secara serentak. Seperti yang dilakukan Puskesmas Lais, Puskesmas Teluk Kijing III dan Puskesmas Tanjung Agung Raya yang berada dalam wilayah Kecamatan Lais.

Pelaksanaan hari pertama pemberian vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di puskesmas dalam wilayah kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Selasa (26/1/2021) berjalan lancar dan aman.

“Alhamdulilah pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 hari pertama terhadap tenaga kesehatan di puskesmas dalam wilayah Kecamatan Lais berjalan lancar, aman dan sukses,” kata Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi.

Dikatakannya, pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 tahap pertama untuk para nakes di Kecamatan Lais, dilaksanakan di tiga tempat yakni Puskesmas Lais, Puskesmas Teluk Kijing dan Puskesmas Tanjung Agung Raya.

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Lais Leli Hefni SKM MKes mengatakan ,hari ini berapa tenaga kesehatan di Puskesmas Lais dilakukan suntikan vaksin. Sebanyak 20 orang tenaga kesehatan sudah dilakukan suntikan vaksin,yakni terdiri dari 4 orang dokter, 7 bidan dan 7 perawat.

“Tadinya direncanakan pemberian/suntikan vasin terhadap tenaga kesehatan itu 20 orang. Namun berhubung ada tenaga kesehatan kita, kesehatannya belum fit (lagi dalam kondisi hamil dan sedang melakukan perawatan wajah),” kata Leli.

Lebih lanjut Leli menjelaskan, seseorang yang akan divaksin harus diskrining dan mengikuti prosedur sesuai SOP yang sudah ditentukan.

Ditambahkannya, pertama di meja 1 pendaftaran, habis itu selesai pendaftaran registrasi secara online, pindah ke meja 2 skrining itu di masukkan data-data jawaban dari yang calon divaksin. Setelah diskrining, jika seseorang itu tidak laik divaksin, maka ia tidak bisa diberi suntikan vaksin. Tahapan berikutnya, (jika seseorang itu laik divaksin) seseorang itu diarahkan ke meja 3 untuk diberikan suntikan dosis vaksin. Terakhir, usai divaksin, seseorang akan diobservasi selama 30 menit.

“Alhamdulillah itu penyuntikan sudah selesai 18 orang sekarang tinggal observasi 30 menit , tadi yang sudah dipakai itu dihitung dulu, dan ditunggu 30 menit, aman boleh pulang sekarang,” imbuhnya.

Dengan adanya pemberian vaksin ini, dirinya berharap sebagai garda terdepan yang didahulukan harus menjadi contoh teladan.

“Alhamdulillah antusias kawan-kawan bisa menunjukkan lebih bagus. Nah ini memotivasi masyarakat sekitar dari usia 18 sampai dengan 59 tahun Pemberian suntikan vasinasi Covid-19 ini akan terbentuk anti bodi yang kuat/kekebalan. Tetapi tidak melupakan 3m (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) serta mengindari kerumunan. Dengan demikian akan menurunkan atau mengurangi atau meniadakan angka kesakitan dan kematianyang disebabkan oleh Covid-19,” pungkasnya. (wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button