Palembang

Dewan Pers ; Hasil UKW di Sumsel Gambar Wajah Pers Kita Saat ini,

Palembang, The8news.com – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers selama dua hari (5-6 Juli 2024) di Palembang berakhir, 34 peserta dinyatakan berkompeten, dari 50 peserta, Sabtu (6/07/2024).

Ketua tim penguji Universitas Pembangunan Nasional ( UPN) Yogyakarta, RR Susilastuti dalam laporannya menyampaikan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) UPN diikuti sebanyak 20 peserta, hasilnya 14 orang dinyatakan berkompeten dan enam orang belum berkompeten.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Pusat, DR.H Firdaus Komar SPd MSi, menyampaikan UKW PWI diikuti 30 peserta. Dengan rincian yakni , 6 orang jenjang Madya dan 24 orang jenjang Muda.

Dari 30 peserta UKW tersebut , 20 orang dinyatakan berkompeten dan 10 orang belum berkompeten.

Sementara itu, Anggota Dewan Pers, Paulus Tri Agung Kristanto dalam sambutannya mengatakan hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) fasilitasi Dewan Pers di Sumatera Selatan (Sumsel ) kali ini tingkat kelulusan/kompeten wartawan cukup rendah.

” Peserta UPN yang kompeten 70 persen, yang dari PWI juga 60 persen, inilah wajah pers kita saat ini,”kata Paulus Tri Agung Kristanto, saat menutup kegiatan UKW.

Dia juga mengatakan, banyaknya wartawan yang belum kompeten dalam UKW menggambarkan wajah media di Indonesia saat ini.

Namun , Wartawan yang belum lulus atau dinyatakan kompeten diharapkan agar tetap semangat dan terus belajar guna meningkatan kompetensinya.(*)

Post by Wan

Related Articles

Back to top button